Cara Mengganti Wallpaper Chat WhatsApp Agar Mata Nyaman

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/02/2021 15:58 WIB
Agar berkirim pesan lebih nyaman di mata, pengguna WhatsApp bisa mengubah tampilan aplikasi, salah satunya dengan mengetahui cara mengganti wallpaper whatsapp. Agar berkirim pesan lebih nyaman di mata, pengguna WhatsApp bisa mengubah tampilan aplikasi, salah satunya dengan mengetahui cara mengganti wallpaper whatsapp. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Layanan perpesanan instan WhatsApp memungkinkan pengguna mengganti tampilan latar belakang atau background wallpaper. Selain itu, pengguna juga dapat mengganti wallpaper untuk semua obrolan atau obrolan tertentu.

Mengganti wallpaper chat WhatsApp bisa dilakukan agar tidak bosan atau menyesuaikan kenyamanan mata memandang. Berikut cara mengganti wallpaper chat WhatsApp dikutip dari laman resmi WhatsApp:

Mengganti Wallpaper Chat WhatsApp untuk Semua Kontak

Mengganti wallpaper chat WhatsApp bisa dilakukan sekaligus berlaku untuk semua obrolan dengan semua kontak yang pengguna miliki, berikut langkah-langkahnya:


  1. Klik simbol titik tiga di kanan atas layar
  2. Lalu ke bagian Setelan (Settings)
  3. Klik Chats (Obrolan)
  4. Lalu klik Wallpaper
  5. Pilih wallpaper sesuai keinginan
Ilustrasi WhatsApp. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)Ilustrasi: ketahui cara mengganti wallpaper WhatsApp agar aplikasi lebih nyaman di mata (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Mengganti Wallapaper Chat WhatsApp untuk Obrolan Tertentu

Pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp kini dapat merasakan fitur terbaru di Android, yaitu mengganti wallpaper chat WhatsApp khusus untuk kontak tertentu.

Fitur wallpaper baru ini tersedia di WhatsApp untuk Android versi 2.21.2.18. Pastikan pengguna sudah mengunduh versi terbaru WhatsApp dari Play Store.

Melalui fitur ini, pengguna dapat memasang wallpaper yang berbeda untuk masing-masing ruang obrolan, baik individu atau grup agar tidak salah kamar. Berikut caranya:

  1. Masuk ruang obrolan (chat room) kontak/grup yang ingin diubah
  2. Klik simbol titik tiga di kanan atas layar
  3. Klik Wallpaper
  4. Pilih wallpaper sesuai keinginan

Pada awal Desember 2020 lalu, WhatsApp mengumumkan empat fitur yang dapat diubah pada kamar obrolan khusus, yaitu wallpaper obrolan khusus, wallpaper doodle tambahan, wallpaper stok yang dapat diperbaharui dan fitur pengaturan wallpaper mode terang dan gelap.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode)

WhatsApp juga telah resmi meluncurkan mode gelap (dark mode) untuk semua pengguna Android dan iOS (iPhone). Kali ini mode gelap tersebut bisa diakses oleh semua pengguna, tidak seperti sebelumnya yang hanya tersedia untuk pengguna beta.

Seperti pada versi beta, dark mode WhatsApp ini memang tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam, tapi warna abu-abu gelap.Warna ini sengaja dipilih karena menurut hasil pengetesan WhatsApp penggunaan warna hitam pekat dan putih malah menyebabkan kelelahan mata.

Dark mode whatsappAlternatif cara mengganti wallpaper WhatsApp adalah dengan mengaktifkan dark mode (Foto: Whatsapp)

WhatsApp memilih skema warna yang lebih keabuan untuk mengurangi kecerahan layar dan agar lebih mudah dibaca pengguna. Agar bisa mengaktifkan mode gelap, pastikan WhatsApp yang digunakan di Android dan iOS pengguna sudah menggunakan versi terbaru.

Di iOS, WhatsApp teranyar adalah versi 2.20.30. Sementara di Android, versi teranyar adalah 2.20.69. Bagi pengguna Android 10 dan iOS 13, mode gelap WhatsApp bakal langsung aktif begitu pengaturan mode gelap diaktifkan di pengaturan sistem.

Untuk pengguna iOS 13, bisa mengaktifkan mode gelap dengan cara berikut:

  1. Klik Setting (pengaturan)
  2. Klik Display & Brightness (layar & kecerahan)
  3. Pilih tema Dark (gelap)

Setelah memilih mode gelap di pengaturan, WhatsApp akan otomatis berubah menjadi dark mode, sebab tidak ada pengaturan mode gelap manual untuk pengguna iPhone.

Bagi pengguna Android 9 dan versi yang lebih lawas, dark mode bisa diaktifkan secara manual dengan langkah-langkah berikut:

  1. Klik Setting (Pengaturan)
  2. Pilih Chat
  3. Pilih Theme (Tema)
  4. dan pilih Dark.

Sebelumnya fitur dark mode WhatsApp hanya bisa digunakan oleh penguji beta aplikasi ini. Sehingga, tak semua pengguna bisa mencoba fitur anyar tersebut. Namun, saat ini kuota penguji beta WhatsApp sudah penuh.

Berikut artikel soal cara mengganti background chat WhatsApp dan mengaktifkan mode gelap (dark mode) untuk membuat mata pengguna nyaman saat berkirim pesan. Selamat mencoba!

(din/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK