Rumor Elon Musk Pilih Bangun Pabrik Mobil Tesla di India

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 12:17 WIB
Pejabat pemerintah di India sudah menyebut Tesla akan membangun pabrik mobil listrik, namun sejauh ini Tesla belum menyatakannya secara resmi. Pabrik perakitan mobil listrik Tesla di California, Amerika Serikat. (AP/Jeff Chiu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumor perusahaan mobil listrik Tesla akan mendirikan pabrik di India semakin kencang. Bahkan pejabat setempat menyebut Tesla akan berinvestasi untuk membangun pabrik mobil listrik di wilayah Karnataka.

Desas-desus ini dikatakan sudah bergulir selama beberapa bulan terakhir. Namun kabar lain tersiar bahwa Tesla, perusahaan yang didirikan orang terkaya di dunia Elon Musk, hanya akan berinvestasi untuk kebutuhan penelitian dan pengembangan kendaraan listrik, bukan perakitan mobil listrik di India.

Electrec menjelaskan pada Rabu (15/2) pejabat pemerintah India mengungkap mereka telah melakukan pembicaraan dengan eksekutif Tesla.


Pada sisi lain Tesla pada Januari juga disebut sudah masuk ke India melalui sebuah perusahaan baru di Bengaluru, ibu kota negara bagian Karnataka di selatan India. Pada laporan itu belum disebutkan apa yang akan dilakukan perusahaan baru Tesla.

Business Insider menyebut perusahaan Tesla yang didirikan di India bernama Tesla Motors India dan Energy Private Limited. Perusahaan itu tercatat memiliki tiga direktur.

Disebutkan pendaftaran perusahaan di India oleh Tesla dilakukan kurang dari dua minggu setelah Nitin Gadkari, Menteri Transportasi India, mengatakan Tesla akan meluncurkan operasinya di India pada awal 2021.

Kata Gaskari perusahaan akan memulai dengan penjualan kemudian berpotensi beralih ke manufaktur.

Selain India, Indonesia juga diketahui menjadi negara yang diincar Tesla untuk menanam modal. Namun untuk Indonesia, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut masih tahap negosiasi.

Tesla juga disebut baru mengirim proposal kepada pemerintah Indonesia pada awal Februari.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto mengatakan investasi Tesla kemungkinan akan bermuara pada pembuatan baterai.

Namun detailnya Seto enggan menguraikan. Seto juga bilang pada 5 Februari 2021 pemerintah masih mendalami proposal, sebelum melakukan pertemuan lanjutan secara daring dengan perwakilan Tesla.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK