Lays, Doritos, Cheetos Berhenti Produksi, Netizen Kecewa

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 12:33 WIB
Netien kecewa atas kabar Lays, Doritos, dan Cheetos yang akan berhenti produksi Agustus mendatang hingga tiga tahun ke depan. Ilustrasi. Netizen kecewa Lays, Doritos, Cheetos bakal berhenti produksi hingga tiga tahun mendatang. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Netizen kaget dan kecewa ketika Pepsi Co Inc., (PepsiCo) diberitakan akan menghentikan produksi beberapa produknya, antara lain Lays, Doritos, Cheetos Agustus mendatang.

Ketiga merek itu bahkan tak boleh diproduksi lagi hingga tiga tahun mendatang. Hal ini lantas mengundang komentar netizen. Lays bahkan menjadi salah satu merek makanan ringan yang paling banyak dibicarakan hingga masuk ke topik populer.

"Fritolay, PepsiCo dan/atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun dari sejak berakhirnya masa transisi," ujar Gideon dalam keterangan resmi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Kamis (18/2).


Pasalnya, Perusahaan makanan dan minuman kemasan PepsiCo Inc., (PepsiCo) selaku afiliasi Fritolay Netherlands Holding BV telah resmi diakuisisi PTIndofood CBP Sukses MakmurTbk.

Transaksi ini sekaligus akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo setelah IFL menyelesaikan semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan produk PepsiCo.

Sehingga, Fritolay, Pepsi Co, dan afiliasi lain tak lagi berhak memproduksi mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun.

Beberapa netizen mengaku sedih dan kecewa dengan dihentikannya produksi makanan kemasan tersebut.

"Lays, chitato, my love," tulis @JLiquorwested sembari menambahkan emotikon sedih.

Seperti pada akun @nibucin. Ia menyatakan kesedihan karena produk makanan kripik kentang Lays akan berhenti diproduksi pada akhir bulan Februari mendatang.

"Walaupun gue jarang beli lays karena jual angin doang, TAPI PLIS INI SEDIH BGT SOALNYA LAYS ENAKKK doritos dan cheetos juga sering," cuitnya Kamis (18/2).

Selain itu, ada pula warganet yang mempertanyakan apakah benar produk ini dihentikan. Pasalnya ia memiliki kenangan pada produk kentang olahan itu. Seperti pada akun @etherenjuntiny.

"Ini beneran??? Yahh jangan dong.... Lays salah satu kenangan mas mantan apalagi yang rumput laut ntar kalo tiba-tiba kangen makan apa," ujarnya

Di samping itu ada pula netizen yang meragukan kabar berhentinya produksi makanan kemasan PepsiCo Inc., karena hal ini menurutnya kerap digunakan untuk strategi marketing.

"Apakah ini termasuk strategi marketing untuk membuat urgency buying? Saham sudah dibeli, klo stop permanent mungkin engga," tulisnya.

Indofood membeli seluruh saham Fritolay di dalam perusahaan patungan PT Indofood Fritolay Makmur (IFL). Transaksi itu dilakukan pada Rabu (17/2).

Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A Putro mengatakan nilai transaksi atas pembelian seluruh saham PepsiCo di IFL sebesar Rp494 miliar. Kini, Indofood CBP Sukses Makmur menjadi 99,99 persen saham IFL.

Beberapa produksi PepsiCo yang dipasarkan di Indonesia, antara lain Lays, Doritos, Cheetos. Dengan transaksi ini, maka pemasaran produk-produk tersebut di Indonesia akan berhenti sementara.

Catatan Redaksi: Ada kesalahan judul dari yang semula 'Lays, Chitato, Cheetos Berhenti Produksi, Netizen Kecewa' menjadi 'Lays, Doritos, Cheetos Berhenti Produksi, Netizen Kecewa'.

(can/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK