4 Aplikasi dan Situs Bantu Warga Pantau Banjir

CNN Indonesia | Sabtu, 20/02/2021 08:54 WIB
Warga bisa memantau banjir yang tengah menerjang Jakarta dan sekitarnya melalui empat aplikasi dan situs berikut. Banjir merendam sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (20/2). (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan lebat yang turun di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir hingga Sabtu (20/2) pagi menyebabkan beberapa kawasan ibu kota terendam banjir.

Tak sedikit warga yang kesulitan memantau ketinggian air hingga terjebak banjir saat dalam perjalanan.

Beberapa situs dan aplikasi pun hadir untuk memudahkan warga untuk bisa memetakan titik-titik genangan dan menghindari banjir


Berikut daftar tiga aplikasi dan satu situs yang dapat digunakan warga untuk memantau titik banjir.

PetaBencana

Tak hanya DKI Jakarta, salah satu situs pemantau banjir yakni PetaBencana.id bisa memetakan titik-titik banjir sesuai lokasi warga di kota lainnya di Indonesia.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com per Sabtu pagi, PetaBencana.id memaparkan bahwa sejumlah titik di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, hingga Jakarta Barat mengalami banjir dengan tinggi muka air mencapai 10 sentimeter sampai lebih dari 1,5 meter.

Pantau Banjir

Warga juga dapat memantau banjir di ibu kota menggunakan aplikasi Pantau Banjir yang dirilis Pemprov DKI Jakarta pada 12 Februari 2017.

Dalam aplikasi ini tersaji informasi mengenai ketinggian air di pintu air dan pos pengamatan hingga operasional pompa air secara realtime.

Aplikasi ini juga menyajikan informasi terkait laporan-laporan dari pengguna. Laporan ini termasuk status penanganan, lengkap dengan foto dan alamat serta ketinggian air.

Peringatan Dini Banjir Jakarta

Selain itu, ada Sistem Peringatan Dini Banjir Jakarta yang dikelola Dinas Sumber Daya Air DKI jakarta. Aplikasi ini menampilkan informasi terkini mengenai status tinggi muka air sungai-sungai di Jakarta. Fitur aplikasi juga termasuk menampilkan grafik tinggi muka air selama 24 jam terakhir.

Aplikasi tersebut juga menampilkan informasi prakiraan cuaca wilayah Jabodetabek dari BMKG.

Aplikasi juga memberikan notifikasi terkait status siaga pintu air. Sesungguhnya aplikasi tak hanya menampilkan grafik muka air, tapi juga menampilkan tampilan CCTV pintu air.

Google Maps

Jika sulit mengakses tiga situs di atas, warga masih bisa memantau banjir menggunakan aplikasi peta besutan Google ini.

Selain menjadi sistem navigasi penunjuk arah, Google Maps juga turut memberikan informasi terkait jalan-jalan yang ditutup akibat banjir Jakarta.

Apabila pengguna membuka aplikasi Google Maps, akan muncul informasi Jakarta floods. Fitur Google Maps itu memberikan informasi daerah-daerah yang terendam.

Tak hanya itu, Google Maps juga bisa memberikan rute perjalanan alternatif bagi pengguna untuk menghindari jalan yang ditutup akibat banjir

(rds/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK