KONSULTASI OTOMOTIF

Tanda-tanda Mobil atau Motor Sudah Perlu Ganti Oli

CNN Indonesia | Minggu, 21/02/2021 12:57 WIB
Produk oli di dalam mesin punya batas waktu pemakaian jadi perlu diganti berkala, cara menghitung periodiknya tidak melulu sama pada setiap unit. Ganti oli mesin. (Istockphoto/vm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Tanda-tanda sudah perlu ganti oli?

Penanya: @nmaghfiroh7

Jawaban: Jangan menunggu tanda untuk mengganti oli sebab ada bisa risiko kerusakan di mesin mobil atau motor Anda.


Kami semakin sering menemui kendaraan yang oli mesinnya berkerak dan bisa menemukan kondisi oli yang sudah seperti dempul. Bila sudah terjadi seperti ini dapat dipastikan sedikit atau banyak sudah terjadi keausan di dalam mesin mengingat pelumasan oli tidak lagi sempurna.

Sebagai patokan, apabila menggunakan produk oli untuk jarak 5.000 km maka sebaiknya sudah diganti saat 4.000 km, oli untuk jarak 10 ribu km diganti saat 8.000 km karena kondisi lalu lintas yang macet sehingga odometer tidak lagi selaras dengan engine hours.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK