Daihatsu Tertutup Soal Peluncuran Rocky di Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 22:00 WIB
Daihatsu Rocky diduga pernah tertangkap kamera sedang diuji di jalan, kemudian nama kodenya dikira sudah muncul di daftar NJKB Kemendagri. Daihatsu Rocky. (Astra Daihatsu Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak Daihatsu Indonesia terus berusaha menutup informasi rencana penjualan mobil baru Rocky di dalam negeri meski SUV ini sudah diketahui terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Rocky pertama kali muncul ke hadapan publik pada Tokyo Motor Show 2019, model ini merupakan generasi kedua. Generasi pertama Rocky adalah SUV yang dikenal dengan sebutan Feroza di Indonesia.

Rocky dirancang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Mobil ini bakal menjadi yang pertama memakai platform itu di Indonesia.


Rocky juga dirancang sebagai basis mobil Toyota yang bernama Raize. Konsep ini mirip kolaborasi kedua merek yang sudah ada yaitu Daihatsu Xenia-Toyota Avanza, Daihatsu Terios-Toyota Rush, Daihatsu Ayla-Toyota Agya, dan Daihatsu Sigra-Toyota Calya.

Nama Rocky dan Raize telah muncul dalam Peraturan Mendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Ada dua varian mesin Rocky yang terdaftar dengan dugaan menggunakan kode A250RS untuk 1.000 cc dan A251RS buat 1.200 cc. Sedangkan Raize diduga memakai kode A250RA buat mesin 1.000 cc dan A251RA untuk 1.200 cc.

Proses registrasi di Kemendagri untuk mendapatkan NJKB adalah salah satu syarat mobil baru bisa dijual di dalam negeri. Meski begitu ada kemungkinan mobil yang sudah punya NJKB tidak untuk dijual, misalnya hanya dipakai untuk kebutuhan uji jalan seperti yang sejauh ini diklaim Honda Prospect Motor pada City Hatchback.

"Terkait Daihatsu Rocky memang menarik untuk ditanyakan, namun mohon maaf jika berkaitan dengan rencana peluncuran produk baru, kami akan umumkan pada waktu yang tepat," kata Marketing and CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/2).

Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) yang ditanya soal Rocky juga tak mau berkomentar meski rumor sudah semakin santer.

Sebelumnya mobil berkamuflase yang diduga Rocky tertangkap kamera sedang diuji jalan di Tanah Air. Namun ADM juga tak mau mengkonfirmasi soal hal ini.

Produsen asal Malaysia, Perodua, yang sebagian sahamnya dimiliki Daihatsu, telah mengumumkan membuka pemesanan kembaran Rocky bernama Ativa pada 19 Februari.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK