Akun Twitter Kemenkeu Pulih dari Peretasan

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 06:35 WIB
Akun Twitter Kemenkeu sudah pulih dari peretasan yang mengirimkan pesn langsung untuk mengklik tautan asing kepada pengikutnya. Ilustrasi (Alastair Pike / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Akun Twitter Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI (@KemenkeuRI) sudah dapat diakses kembali setelah kemarin (22/2) diretas.

"Saat ini, akun Twitter @KemenkeuRI sudah dapat diakses kembali," demikian dicuitkan akun resmi itu, Selasa (23/2).




Sebelumnya, Kementerian Keuangan menyatakan akun Twitter resmi mereka, @KemenkeuRI tengah diretas (hack) oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Imbas peretasan tersebut, sejumlah pengguna Twitter mengaku menerima pesan langsung (direct message/DM) dari akun Twitter Kemenkeu. DM tersebut berisi pesan untuk mengklik sebuah tautan (link).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari Rahayu mengimbau semua pihak yang menerima pesan tersebut tidak mengklik tautan itu.

Salah satu pengguna yang menerima pesan tersebut adalah Anggota Komisi II DPR RILuqman Hakim. Ia menuliskan informasi tersebut melalui akun resmi Twitternya, @LuqmanBeeNKRI.

Kemenkeu pun telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Twitter. Rahayu menuturkan pihak Twitter tengah berupaya untuk mengembalikan akun sosial media tersebut.

Sementara menjalani proses pemulihan, akun resmi tersebut dikunci (lock) oleh pihak Twitter.

Beberapa cara untuk mengamankan akun Twiter yang diretas adalah dengan mengubah kata sandi, memastikan alamat email aman dan tidak diretas.

Cabut akun Twitter dari layanan pihak ketiga seperti TweetDeck, UberTwitter dan layanan lain. Perbarui juga kata sandi yang digunakan untuk mengakses layanan pihak ketiga ini.

(eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK