Daftar Fitur Baru Telegram untuk iOS dan Android

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 14:15 WIB
Fitur baru Telegram salah satunya pengatur waktu dan hapus pesan otomatis. Telegram rilis beberapa fitur baru untuk para penggunanya. Foto: iStockphoto/Oleksandra Troian
Jakarta, CNN Indonesia --

Telegram kembali menambah beberapa fitur baru meliputi pengatur waktu dan hapus pesan otomatis, pengaturan baru tampilan pesan hingga jumlah anggota grup yang tidak terbatas.

Melalui fitur hapus pesan otomatis, pengguna Telegram dapat menghapus pesan dengan semua lawan bicaranya pada saat melakukan obrolan. Caranya dengan mengaktifkan fitur tersebut, praktis baik chat pribadi maupun di grup akan otomatis terhapus.

Fitur ini hanya berlaku pada pengguna yang mengaktifkan timer aturan obrolan. Pesan sebelumnya akan tetap ada di riwayat obrolan, tetapi perlahan akan hilang dalam waktu 24 jam hingga 7 hari setelah pesan dikirim.


Pada 2013 lalu Telegram memperkenalkan fitur Secret Chats yang dapat menghapus pesan secara otomatis saat pesan dibuka.

Cara aktifkan fitur hapus pesan otomatis Telegram

Pengguna Android dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik tombol titik tiga di kanan atas layar, lalu klik clear history untuk memilih durasi pesan dihapus.

Untuk pengguna iOS atau ponsel iPhone, tekan dan tahan pada bagian pesan, kemudian pilih select, lalu clear chat di kiri atas, lalu pilih Enable Auto-Delete.

Fitur auto delete di grup atau channels Telegram ini hanya bisa diaktifkan atau diubah waktunya oleh admin.

Fitur terbaru lainnya

Selain fitur hapus pesan otomatis, aplikasi besutan Pavel Durov memperkenalkan dua widget yang dapat dipasang ke laman utama layar smartphone, yaitu Chat Widget dan Shortcut Widget.

Telegram juga menambahkan fitur tautan undangan yang dapat diatur oleh admin grup durasi aktifnya serta jumlah member yang dapat bergabung.

Selain menggunakan tautan untuk invite ke grup, Telegram juga memberikan fitur invite dalam format QR code. Untuk mengatur undangan tautan ini, pengguna dapat membuka grup atau profil channels, lalu pilih edit, Invite Links dan pilih ikon tiga titik untuk mengubah link ke dalam format kode QR.

Dikutip situs resmi Telegram, Fitur terbarunya tidak hanya mengatur tautan undangan grup saja, tetapi kini Telegram tidak membatasi anggota grup, artinya pengguna dapat membuat grup dengan anggota sebanyak mungkin.

Sebelumnya aplikasi ini memberikan batas pada anggotanya, hanya 200 ribu anggota saja.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK