Pakai Modem Snapdragon, 5G di Apple 13 Diklaim Lebih Moncer

CNN Indonesia | Sabtu, 27/02/2021 01:05 WIB
Apple bakal menggunakan modem Snapdragon X60 untuk iPhone 13 yang disebut bakal bikin jaringan 5G ponsel itu makin moncer. Ilustrasi (dok. screenshot Apple)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ponsel iPhone 13 yang akan meluncur tahun ini dikabarkan akan menggunakan modem Snapdragon X60 5G.

Apple tidak menggunakan seluruh chipset Snapdragon, tapi hanya menggunakan chip modem dari perusahaan itu. Sebab, sejak peluncuran iPhone X dan iPhone 8 perusahaan itu sudah menggunakan chipset Bionic buatan sendiri.

Modem 5G besutan Snapdragon ini diklaim dapat mengoptimalkan jangkauan jaringan dan tidak membuat 5G di iPhone menguras baterai.


chip modem yag dibuat dengan pemrosesan 5nm ini akan meningkatkan efisiensi penggunaan baterai, dibanding Snapdragon X55. Sebab, X55 yang digunakan di iPhone 12, masih menggunakan pemanufakturan 7nm.

Sementara, chip modem Qualcomm mendukung mmWave (gelombang milimeter) dan Sub-6Ghz (sinyal 5G yang berjalan di bawah pita frekuensi 6Ghz). Kedua frekuensi ini adalah standar operasi 5G.

Dengan cip modem Snapdragon ini, iPhone 13 bakal bisa mengakses 5G baik yang menggunakan frekuensi mmWave dan sub-6GHz secara bersamaan. Sehingga, bisa mencapai kombinasi optimal mendapat akses data kecepatan tinggi dengan latensi rendah alias lebih cepat merespons, seperti dilansir GizmoChina.

Dikutip Macrumor, Pada tahun 2019, Apple dan Qualcomm menyelesaikan perselisihan hukum dan mencapai perjanjian pasokan chipset beberapa tahun, membuka jalan bagi Apple untuk menggunakan modem 5G Qualcomm.

Laporan sebelumnya telah mengungkapkan bahwa model iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max akan hadir dengan dukungan untuk kecepatan refresh 120Hz dan perusahaan akan menggunakan panel LTPO dari Samsung yang dapat mengalihkan kecepatan refresh antara 1Hz hingga 120Hz.

Baru-baru ini, dilaporkan bahwa model Pro dalam jajaran iPhone mendatang akan hadir dengan opsi penyimpanan 1TB. Namun belum diketahui apakah Apple akan berencana menambah kapasitas penyimpanan.

Dikutip Gizmochina, muncul desas-desus bahwa iPhone 13 akan datang dengan lekukan yang lebih kecil di bagian atas layar. Apple juga disebut menyertakan pemindai sidik jari dalam layar seperti ponsel kenamaan yang banyak mengadopsi model tersebut.

Mulai tahun 2023, Apple diharapkan untuk menggunakan modem 5G internal sendiri untuk iPhone.

(can/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK