Survei: Indonesia, Negara Terbanyak Pasang Penyaring Iklan

CNN Indonesia | Minggu, 28/02/2021 16:14 WIB
Sebanyak 56,8 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan penyaring iklan, sedangkan rata-rata dunia hanya 42,7 persen. Ilustrasi streaming. (Istockphoto/ Tero Vesalainen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia kembali mengisi deretan tertinggi dalam survei kegiatan di dunia maya. Salah satunya masuk dalam jajaran atas penyaring iklan dunia dan banyak menggunakan voice command.

Survei yang dilakukan oleh lembaga riset dunia We are Social pada Januari 2021 menempatkan Indonesia menjadi pemimpin kategori penyaring iklan di dunia. Tercatat sebanyak 56,8 persen dari penggunanya melakukan Ad Blocker.

Sedangkan pada pengguna media sosial dengan skala global, We are Social menyatakan hanya 42,7 persen pengguna yang mengaktifkan penyaring iklan.


Di peringkat selanjutnya disusul oleh negara berkembang lainnya, yaitu India, Afrika Selatan dan Malaysia.

Selain penyaring iklan, lembaga riset menempatkan Indonesia di 3 urutan teratas dalam hal penggunaan voice command atau komando suara.

Sebanyak 51,9 persen dari jumlah pengguna teknologi digital di Indonesia kerap menggunakan fitur kecerdasan buatan ini untuk menunjang kegiatan keseharian. Sementara hasil survei menyebut pengguna voice commands dunia, rata-rata hanya 45,3 persen saja.

Sedangkan pada posisi jawara ditempati oleh negara India yang 58,1 persen warganya menggunakan fitur ini untuk menunjang keseharian. Disusul oleh negara China dengan persentase 55,7 persen.

We are Social merupakan agensi kreatif yang kerap memberikan data survei lingkup dunia maya, meliputi media sosial serta perilaku pengguna e-commerce berskala global.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK