Spesifikasi Motor Baru Rossi, Tim Satelit Rasa Pabrikan

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 14:05 WIB
Valentino Rossi menggunakan Yamaha YZR-M1 2020 di tim satelit Petronas SRT, sama seperti spesifikasi Maverick Vinales dan Quartararo di tim pabrikan Yamaha. Yamaha YZR-M1 Valentino Rossi di tim Petronas SRT. (A.Farinelli/sepangracingteam.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Petronas Yamaha Sepang Racing Team telah meluncurkan seragam baru Yamaha YZR-M1 untuk MotoGP 2021 pada Senin (1/3) yang bakal digunakan Franco Morbidelli dan pebalap barunya Valentino Rossi.

Walau satu tim, kedua pebalap itu menggunakan spesifikasi M1 yang berbeda. Rossi yang untuk pertama kalinya membela tim balap satelit Yamaha menggunakan M1 2020 dengan spesifikasi tim pabrikan.

Artinya motor Rossi mirip spesifikasi M1 yang ditunggangi dua pebalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan pebalap yang menggantikan posisinya, Quartararo.


Yamaha YZR-M1 Valentino Rossi di tim Petronas SRTYamaha YZR-M1 Valentino Rossi di tim Petronas SRT. (A.Farinelli/sepangracingteam.com)

M1 2020 punya banyak pembaruan desain dibanding 2019, namun motor ini tetap menggunakan mesin 4-silinder, DOHC, 16 katup, 1.000 cc, transmisi 6-percepatan dengan rasio yang bisa diubah.

Motor yang beratnya 157 kg ini mampu menghasilkan tenaga setidaknya 250 hp. Suspensi depan dan belakang buatan Ohlins, ukuran pelek 17 inci, dan perangkat pengereman merek Brembo digunakan buat menopang manuver di lintasan.

Rossi tak sempurna menjalani musim lalu, ia berada di peringkat 15 setelah beberapa kali kecelakaan kemudian terinfeksi virus corona (Covid-19).

Beda dari Rossi, Morbidelli tak memakai M1 2020. Runner up MotoGP musim lalu ini memilih tetap memakai M1 2019 A-Spec atau 'spesifikasi A' yang sudah membawanya meraih tiga kemenangan seri, lima podium, dan dua pole position.

Rossi dan Morbidelli bakal mengetes M1 pilihan masing-masing di sirkuit Losail, Qatar pada 6-12 Maret. Hasil tes akan menentukan berbagai penyempurnaan sebelum digunakan balapan pertama musim ini pada 28 Maret di Qatar.

Secara keseluruhan penampakan M1 tim Petronas tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Grafis, desain, dan warnanya tetap sama.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK