Daihatsu Buka-bukaan Rocky Masuk Daftar Penerima Diskon PPnBM

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 14:20 WIB
Daihatsu mengatakan Rocky didaftarkan sebab pemerintah hanya satu kali mengumumkan mobil-mobil penerima diskon PPnBM tanpa ada kesempatan revisi. Daihatsu Rocky. (daihatsu.co.jp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklarifikasi kemunculan nama Rocky di daftar 21 mobil baru penerima relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang dibuat Kementerian Perindustrian kendati belum meluncur dan dijual di Indonesia.

ADM menjelaskan dalam keterangan resmi, Rabu (3/3), pemerintah hanya akan mengumumkan mobil-mobil yang masuk dalam daftar itu satu kali saja untuk periode relaksasi PPnBM pada 1 Maret hingga 31 Desember 2021.

ADM mengatakan tidak akan ada revisi daftar itu hingga periode berakhir.


"Mengingat program relaksasi ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2021 dan tidak akan ada pengumuman selanjutnya dari pemerintah untuk menambahkan atau merevisi daftar penerima relaksasi pajak, maka PT. Astra Daihatsu Motor memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky," tulis ADM.

ADM juga mengatakan Rocky belum diluncurkan saat daftar itu diumumkan pada 26 Februari. Namun diungkap Rocky akan diperkenalkan pada periode relaksasi PPnBM walau tak dijelaskan detail jadwalnya.

Rocky juga dipastikan ADM memenuhi kriteria penerima relaksasi PPnBM, yakni
mobil dengan mesin maksimal 1.500 cc jenis Sedan/4x2/station wagon berkapasitas dibawah 10 orang, dan diproduksi dalam negeri dengan local purchase 70 persen.

"Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program," ujar Amelia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/3).

Selain Rocky, nama mobil lain yang masuk dalam daftar yaitu Toyota Raize. Raize adalah mobil yang dirancang menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sama seperti Rocky.

Kedua mobil itu diperkenalkan pertama kali pada 2019 di Jepang dan telah diyakini kuat bakal diluncurkan di dalam negeri setelah terdaftar memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021.

Toyota Astra Motor (TAM), pemegang merek Toyota di dalam negeri, belum merespons keterbukaan ADM atas status Rocky dan Raize.

"Raize betul ada di lis, tapi detailnya nanti saja ya," kata Direktur Pemasaran ADM Anton Jimmi melalui pesan singkat, Senin (1/3).

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK