Laptop Lipat Pertama Dunia Tersedia di RI, Harga Rp60 Juta

eks, CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 15:00 WIB
Laptop layar lipat pertama dunia Lenovo ThinkPad X1 Fold sudah tersedia di RI dengan harga Rp60 juta. Laptop lipat pertama dunia tersedia di Indoesia harga mulai Rp60 juta. (dok. Lenovo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lenovo mengklaim ThinkPad X1 Fold sebagai laptop lipat pertama dunia dan kini sudah tersedia di RI dengan harga mulai Rp60 juta.

Lenovo hari ini umumkan jajaran laptop premium Lenovo ThinkPad X1 yang terdiri dari X1 Fold dengan layar lipat, X1 Titanium Yoga, dan X1 Nano.

Ketiga laptop sudah bisa mulai dipesan hari ini dan baru tersedia di toko retail pada April 2020. Lenovo ThinkPad X1 Fold dijual mulai harga Rp 59.999.000; Rp 27.249.000 untuk ThinkPad Nano, dan Rp33.499.000 untuk ThinkPad X1 Titanium Yoga.


Dengan layar lipat, Lenovo ThinkPad X1 Fold bisa menggunakan layar sebagai kibor atau bisa juga mengetik dengan kibor mini fisik tambahan. Keyboard fisik yang terhubung dengan bluetooth, bakal langsung otomatis mengisi daya ketika digunakan di atas layar Fold. Lenovo juga menyediakan stylus untuk laptop ini, yang bisa dibeli terpisah.

ThinkPad X1 Fold dilengkapi dengan layar 2K OLED selebar 13,3 inci saat dibuka penuh. Layar menjadi selebar 9,6 inci saat dilipat. Penyimpanan laptop hingga 1 TB dan lulus sertifikasi uji standar militer prosedur (MIL-STD 810H).

Lenovo juga mengembangkan teknologi layar lipat agar tak berkerut saat ditekuk-tekuk dan agar cukup tangguh ketika menerima tekanan.

Bodi laptop dibungkus dengan kombinasi carbon fiber dan rangka aluminium alloys dan dibalut dengan cover berbahan kulit asli.

"Laptop ini menargetkan pengguna prosumer, eksekutif, IT decision maker, dan early tech adopter," jelas Azis Wonosari Technical Manager Lenovo Indonesia dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (4/3).

Lenovo X1 Titanium Yoga

Lenovo ThinkPad X1 Titanium Yoga laptopFoto: (dok. Lenovo)
Lenovo ThinkPad X1 Titanium Yoga

Selain X1 Fold, Lenovo juga mengenalkan Titanium Yoga yang seperti generasi sebelumnya tersedia dengan kibor yang bisa ditekuk hingga 360 derajat. Bedanya, kali ini laptop ini dibungkus dengan sampul berbahan titanium yang lebih kuat dari aluminium dan lebih ringan.

Lenovo juga mengklaim laptop ini sebagai yang tertipis. Ketika dilipat tebal laptop ini 1,1 cm dengan berat 1,15 kilogram. Dengan bodi tipis, Lenovo mengandalkan pendingin ganda active-passive cooling system dengan kipas yang sangat tipis.

Layar 13,5 inci laptop ini punya resolusi 2K dan kecerahan 450 nit punya dengan aspek rasio 3:2. Laptop ini juga mengandalkan audio yang didukung dengan 4 speaker. Sementara untuk prosesor didukung oleh Inter Core generasi 11 dan grafis Intel Iris® Xe.

Untuk pengamanan disediakan pemindai sidik jari (fingerprint reader) dan kamera dengan resolusi HD dan sensor inframerah. Laptop ini juga kompatibel dengan stylus ThinkPad pen precision.

Lenovo X1 Nano

Lenovo ThinkPad Titanium Nano laptopFoto: (dok. Lenovo)
Lenovo ThinkPad Nano

Laptop ini diklaim sebagai ThinkPad paling ringan dengan berat kurang dari 1 kilogram atau 907g saja. Layar menggunakan resolusi 2K dengan lebar 13 inci dan aspek rasio 16:10. Layar disediakan pilihan layar sentuh dan non layar sentuh.

Bodi laptop menggunakan bahan carbon fiber, dengan rangka dari magnesium alloy. Prosesor menggunakan Intel core i generasi 11. Untuk mendukung audio, dilengkapi juga dengan empat speaker serta empat mikrofon 360 derajat.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK