TIPS TEKNOLOGI

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui Anggota

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 11 Mar 2021 10:35 WIB
Berikut empat cara agar kamu tidak terganggu dengan notifikasi grup WhatsApp yang datang bertubi-tubi. Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota lain serta tanpa khawatir memberi kesan buruk dan tak sopan. (Foto: istockphoto/ stockcam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Obrolan grup WhatsApp memungkinkan pengguna untuk dapat mengobrol dengan banyak orang sekaligus dalam satu ruang chat. Namun, kadang kala banyaknya pesan masuk yang diterima dari grup WhatsApp setiap hari membuat tak nyaman.

Sementara, ada dilema jika meninggalkan grup dapat memberi kesan buruk dan tidak sopan pada anggota lain.

Nah, jika kamu ingin sekali keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota lain, simak cara tips berikut:


1. Ganti nomor baru

Cara mudah keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan anggota grup adalah dengan mengganti nomor telepon baru. Namun kekurangannya, cara ini tidak cocok diterapkan jika kamu berniat masih menggunakan nomor lama kembali.

Ilustrasi sim card untuk smartphone. CNNIndonesia/Safir MakkiFoto: CNN Indonesia/Safir Makki
Ilustrasi. Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota lain adalah dengan mengganti nomor SIM baru.

2. Palsukan nomor telepon

Cara meninggalkan grup WhatsApp tanpa diketahui ini mirip dengan tips sebelumnya. Namun, kamu tidak perlu mengubah nomor secara permanen.

Caranya, tetap siapkan nomor baru sementara. Kemudian di masuk ke menu pengaturan di WhatsApp (tiga titik di atas). Kemudian klik Akun atau Account, dan pilih menu ubah nomor. Setelah itu, memasukkan nomor baru cadangan itu.

Setelah langkah pertama selesai, segera tinggalkan grup yang ingin kamu tinggalkan. Selanjutnya pada menu pengaturan telepon, pilih aplikasi WhatsApp, setelah itu hapus data dan cache. Maka akun WA akan hilang tetapi nama kamu masih akan ada di daftar anggota grup.

Lalu terakhir, buka kembali aplikasi WhatsApp, lanjut mendaftar ulang dengan nomor lama.

Namun, tingkat kerumitan dari cara ini cukup tinggi sebab kamu perlu dua nomor telepon dan banyak tahapan agar berhasil keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui.

Ilustrasi WhatsApp. CNNIndonesia/Safir MakkiFoto: CNN Indonesia/Safir Makki
Ilustrasi. Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota lain adalah dengan mengganti nama dan foto profil.

3. Ganti nama dan hapus foto profil

Apabila tidak mau mengganti nomor baru, pengguna dapat keluar grup secara permanen dengan cara ini tanpa ketahuan.

Yang perlu dilakukan sangat sederhana, cukup ganti nama profil dan hapus foto profil. Untuk melakukannya, klik menu opsi (tiga titik di atas) dan pilih settings atau pengaturan.

Lalu edit nama profil selain nama kamu, kemudian jangan lupa hapus foto profil. Setelah mengubahnya, kembali menu grup yang diinginkan lalu keluar seperti biasa dengan memilih exit group.

Dengan mencoba cara ini, tidak akan ada yang tahu bahwa Anda sudah keluar karena notifikasi yang anggota lain terima adalah tidak menyertakan nama kamu.

4. Bisukan grup WhatsApp selamanya

Cara terakhir ini merupakan alternatif bagi kamu yang ingin menonaktifkan grup tanpa meninggalkan grup.

Anda tetap masih menjadi bagian dari grup, tetapi tidak akan lagi menerima pemberitahuan yang mengganggu ketika masuk pesan dalam grup selamanya.

Untuk melakukannya, tekan tahan grup yang dipilih. Ketika muncul pilihan mute notification atau mengaktifkan fitur bisu, pilih opsi 'selalu'.

Itulah cara-cara agar kamu terbebas dari notifikasi grup WA yang datang bertubi-tubi. Dan poin terakhir bisa kamu lakukan tanpa meninggalkan grup WhatsApp.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER