Kia Segera Rilis Mobil Listrik Perdana EV6

CNN Indonesia | Selasa, 16/03/2021 17:15 WIB
EV6 adalah mobil listrik perdana yang bakal rilis pada Maret, satu dari 11 mobil listrik yang dijanjikan perusahaan tersedia pada 2026. Mobil listrik Kia EV6. (kiamedia.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kia bakal meluncurkan mobil listrik pertama bernama EV6 yang menggunakan basis platform global milik Hyundai, Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Rencana pengenalan mobil tersebut akan dilakukan pada bulan ini.

Platform E-GMP memang akan digunakan oleh Hyundai dan Kia dalam merancang mobil listrik. Sebelumnya Hyundai telah mengenalkan mobil listrik Ioniq 5 dengan platform serupa.

Mobil listrik Kia EV6.Mobil listrik Kia EV6. (kiamedia.com)

Mengutip Car and Driver, EV6 akan menjadi mobil listrik bergaya SUV yang memberikan konsep desain sport dan agresif. Wajah mobil ini juga mengusung bahasa desain Kia yang mereka sebut sebagai Tiger Nose.


Pabrikan menyebutkan desain dibuat sedemikian rupa agar mobil semakin aerodinamik, namun Kia sejauh ini belum membagikan angka koefisien drag.

Interior EV6 masih terlihat seperti mobil konvensional, namun dengan beberapa sentuhan menarik sehingga tampilan menjadi lebih berbeda.

Karim Habib, VP senior dan kepala desain global untuk Kia mengatakan desain EV6 merupakan wujud sebuah transportasi dan mobilitas pada masa mendatang.

"Saya pikir desain kami perlu menunjukkan itu. Saya pikir desain kami harus cukup percaya diri tentang orientasinya ke masa depan," kata Habib.

Mobil listrik Kia EV6.Mobil listrik Kia EV6. (kiamedia.com)

Habib belum mau membongkar perangkat listrik yang ada pada produknya. Namun ada kemungkinan tenaga yang dihasilkan kendaraan itu nanti tak akan jauh berbeda dari Ioniq 5.

"Kami sangat yakin EV6 adalah model yang menarik dan relevan untuk pasar EV baru," kata Habib.

"Dengan EV6, kami bertujuan untuk menciptakan desain yang khas dan berdampak dengan menggunakan kombinasi fitur canggih berteknologi tinggi pada volume yang murni dan kaya, sekaligus menyediakan ruang yang unik sebagai mobil listrik yang futuristik," ungkapnya mengutip The Verge.

EV6 adalah salah satu dari 11 mobil listrik yang sudah dijanjikan Kia pada 2026.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK