Netflix dan Zoom Disuntik Mati di Suriah

CNN Indonesia | Jumat, 19/03/2021 16:12 WIB
Warga Suriah tidak bisa menikmati Netflix dan Zoom yang sangat populer di tengah pandemi Covid-19. Ilustrasi Netflix. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warga Suriah dilaporkan tidak bisa menikmati platform seperti Netflix dan Zoom. Padahal, kedua platform itu sangat populer di tengah pandemi Covid-19.

Situasi itu tak lepas dari sanksi yang dijatuhkan dunia internasional terhadap negara itu akibat adanya perang berkepanjangan di negara itu. Sanksi membuat kedua platform itu diblokir.

Melansir AFP, raksasa teknologi seperti Amazon, Apple, dan Google juga tidak dapat beroperasi secara bebas di Suriah sejak sebelum perang dimulai pada tahun 2011. Hal itu akibat sanksi AS yang melarang ekspor, penjualan, atau pasokan barang, perangkat lunak, teknologi, dan layanan ke Suriah tanpa izin pemerintah AS.


"Kita hidup dalam gelembung yang terisolasi dari dunia luar. Isolasi ini berarti bahwa seluruh generasi muda Suriah secara teknologi kurang beruntung dibandingkan dengan rekan-rekan global mereka," ujar pakar teknologi Suriah, Mohammad Habash.

Pembatasan ketat sebenarnya tidak hanya terjadi di negara yang dilanda perang. Kebijakan itu juga berlaku untuk negara lain yang dikenai sanksi AS, seperti Korea Utara. Sementara Iran mendapat keuntungan dari pengecualian tertentu.

Meskipun dimaksudkan untuk melemahkan pemerintah Suriah, kontrol tersebut juga membatasi akses ke dunia online yang membantu banyak orang mengatasi pengurungan virus corona.

"Warga Suriah tidak dapat mengakses platform Barat apa pun di internet, bukan untuk pendidikan, belanja online, kerja, atau rekreasi. Ini menjadi lebih jelas bagi kami tahun lalu dengan merebaknya pandemi virus corona," ujar Habash.

Suriah termasuk di antara empat negara tanpa akses ke Netflix, platform streaming film top dunia. Suriah juga hanya satu dari lima negara yang dilarang menggunakan Zoom, pemimpin baru dalam aplikasi konferensi video.

Saat ini, orang Suriah seperti Habash semakin sering menggunakan server proxy VPN untuk mengakses beberapa platform yang diblokir, meskipun tidak efektif di semua platform, misalnya terhadap Netflix.

Bahkan, ketika VPN berhasil memfasilitasi akses, beberapa aplikasi memerlukan kode aktivasi yang dikirim melalui pesan teks.

Kode semacam itu tidak dapat dikirim ke nomor yang terdaftar di Suriah, yang secara efektif memblokir pengguna Suriah, kecuali mereka bergantung pada teman di luar negeri.

Nonton Film Bajakan dan Pilih WhatsApp

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK