Biden Didesak Agar AS Larang Penjualan Mobil Bensin

fea, CNN Indonesia | Selasa, 23/03/2021 16:46 WIB
Dua senator di Amerika Serikat menyurati Joe Biden agar segera menetapkan tanggal kapan negara mulai melarang penjualan mobil berbahan bakar fosil. Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (AFP/MANDEL NGAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Joe Biden ditekan dua senator California untuk menetapkan tanggal kapan negara bakal mulai melarang kendaraan bermesin bensin.

Reuters melaporkan dua senator dari Partai Demokrat, Alex Padilla dan Dianne Feinstein, mengirimkan surat kepada Biden yang isinya meminta Biden 'mengikuti California dan menetapkan tanggal di mana semua mobil baru penumpang dan truk yang dijual adalah kendaraan nol emisi'.

Pada September 2020, Gubernur California Gavin Newsom menandatangani perintah eksekutif agar negara bagiannya mulai menjual semua mobil baru penumpang dan truk yang nol emisi pada 2035.


Biden sejauh ini belum pernah mengatakan ingin melarang semua penjualan mobil baru berbahan bakar fosil. Namun saat kampanye dia sempat mengatakan ingin meningkatkan standar efisiensi bahan bakar hingga memastikan 100 persen penjualan truk ringan dan medium berupa elektrifikasi.

Pada Januari 2021, setelah Biden menjadi Presiden, dia mengatakan administrasinya akan mengganti semua kendaraan pemerintahan sejumlah 650 ribu dengan 'kendaraan listrik bersih yang di AS yang dibuat oleh pekerja AS'.

Surat dari para senator juga meminta Biden mengembalikan kepemimpinan California pada standar emisi yang terkikis saat Donald Trump menjabat presiden, terutama saat EPA kesempatan California menetapkan standar emisi lebih ketat.

Para senator juga meminta agar standar emisi yang sudah disetujui California dengan beberapa produsen otomotif seperti Ford, Honda, BMW, dan Volkswagen dijadikan standar.

California dan produsen otomotif itu setuju meningkatkan efisiensi bahan bakar menjadi 51 miles per gallon pada 2026.

Pada Januari lalu General Motors sudah mengatakan berhenti menjual mobil penumpang dan truk bermesin bahan bakar fosil pada 2035. Sedangkan Volvo, Mini, dan Ford khusus wilayah Eropa akan melakukan hal yang sama lebih cepat, yakni 2030.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK