Cara Kerja Fitur Baru Instagram, Save Draft di Instastories

CNN Indonesia | Kamis, 25/03/2021 18:41 WIB
Instagram akan meluncurkan fitur terbaru yaitu penyimpanan stories pada draft. Ilustrasi Instagram. (Dok. Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram akan meluncurkan fitur terbaru yaitu penyimpanan stories pada draft, yang memungkinkan pengguna menyimpan stories di kolom draft setelah pengambilan gambar atau video.

Pada saat pengguna Instagram ingin memposting file foto maupun video, biasanya pengguna akan menangkap file itu melalui fitur kamera di Instagram. Namun terkadang pengguna lupa dan menutup aplikasi sebelum memposting, padahal file tersebut sudah sempat diedit.

Pihak Instagram dikabarkan tengah merancang fitur draft. Materi tersebut tidak akan hilang begitu saja, melainkan berkas tersebut masih tetap dilihat pada kolom draft.


Selain itu jika pengguna sudah menangkap foto dan video namun lupa untuk melakukan save ke device, file tersebut juga akan tersimpan di kolom draft.

Sementara Instagram mengatakan bahwa fitur ini masih dalam proses pengembangan. Kabar ini diketahui telah bocor di dunia maya. Sebuah tangkapan layar menunjukkan bahwa Instagram tengah mengerjakan pop-up baru yang akan muncul beberapa pilihan kepada penggunanya.

Dalam cuitannya, Instagram mengatakan bahwa pengguna akan segera dapat menggunakan fitur stories yang belum lengkap dengan fitur draf stories. Namun pihaknya belum menyebut kapan fitur tersebut akan dirilis.

Salah satu kepala Instagram Adam Mosseri juga mengatakan dalam cuitannya bahwa fitur draft stories akan segera hadir. Mosseri mengklaim bahwa ini adalah fitur yang banyak diminta oleh pengguna Instagram.

Dikutip Gadgets360, jika pengguna mencoba keluar di tengah langkah membuat stories, maka Instagram akan memberikan tiga pilihan kepada pengguna, yakni 'membuang stories' dan memulai dengan yang baru, kedua 'simpan di draft', ketiga adalah 'Batal' untuk kembali ke file yang ditangkap sebelumnya.

Ketiga tombol ini berguna jika pengguna salah menekan tombol kembali saat tengah menggarap sebuah stories.

Saat ini, Instagram hanya menampilkan dua opsi ketika pengguna menekan tombol kembali. Yakni Buang dan Batal. Opsi 'Simpan Draf' baru, seperti yang disebutkan akan segera ditambahkan, seperti dikutip The Next Web.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK