Riuh Kebakaran Kilang Minyak, Indramayu Trending Topic di RI

CNN Indonesia | Senin, 29/03/2021 07:02 WIB
Netizen di Twitter ramai membahas kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, lantas 'Indramayu' jadi trending topic di Indonesia. Ilustrasi kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Timur. (Istockphoto/Easy_Company)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada Senin (29/3) dini hari mendapatkan perhatian dari para netizen di Twitter hingga membuat 'Indramayu' jadi trending topic di Indonesia.

Netizen meluapkan berbagai komentar, mulai dari membagikan informasi, menyampaikan duka, sampai mengunggah foto dan video penampakan kobaran api saat langit gelap yang disebut terlihat dari jarak lima kilometer itu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, kata kunci Indramayu berada pada jajaran atas kata kunci terpopuler. Berbagai warganet juga mengomentari insiden kebakaran ini dengan mengatakan kaget mendengar berita tersebut dan lainnya menyampaikan doa.


Salah satunya pada akun @parwatyRizky. Ia mencuit terjadinya insiden ini dan berharap tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi di PT Pertamina RU VI Balongan tersebut.

"Terjadi ledakan di kilang minyak Indramayu, semoga tidak ada korban jiwa Aamiin," cuitnya (29/3).

Ada pula pengguna Twitter yang membagikan cuplikan video meledaknya kilang minyak itu, dan berharap kepada netizen lain untuk mendoakan insiden yang terjadi di kota tempat tinggal @seiloey

"Minta doanya teman-teman kilang minyak Pertamina di Indramayu kota tempatku tinggal meledak tadi malam. Semoga ga ada korban ya Allah aamiin," cuitnya.

Selain itu curahan doa netizen tertulis di Twitter kepada warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran. Seperti pada akun @justmyhobie.

"Innalilahi wa wa innailaihi roji'un Wajah menangis kencang Stay save all people in Indramayu, especially nearest Balongan. Sending all my prayers and condolences," kata dia.

Kucuran doa juga dituliskan oleh netizen kepada masyarakat, pekerja yang berada di lokasi insiden agar diberikan perlindungan, seperti pada akun @srindriyani20. Ia juga berharap tidak ada korban dalam insiden ini.

"Innalillahi wainna illaihi raji'un. Semoga ngga ada korban jiwa dan diberikan perlindungan untuk pekerja, staff, dan masyarakat sekitarnya. Aamiin Allahuma Aamiin," cuitnya.

Di samping itu akun @bollupisang menilai insiden tersebut merupakan kebakaran yang sangat menakutkan karena kobaran api yang tinggi menjulang hingga terlihat dalam radius lima kilometer.

"Ya Allah takut sama sedih banget liat kebakaran di Indramayu," ujarnya.

Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia.

Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta.

(can/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK