TIPS OTOMOTIF

Kenali Busi untuk Mesin NR Avanza, Rush

Rayhand Purnama | CNN Indonesia
Rabu, 31 Mar 2021 14:32 WIB
Busi mengubah listrik menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin. Busi yang baik akan menciptakan percikan api yang sempurna untuk ruang bakar. (Foto: istockphoto/:ViktoriiaNovokhatska)
Jakarta, CNN Indonesia --

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam sistem perapian kendaraan. Peranti ini mengubah listrik menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin, atau bisa dibilang menciptakan ledakan di ruang bakar sehingga muncul kompresi.

Tanpa adanya busi yang menyalurkan api, sulit terjadi ledakan di ruang bakar. Untuk itu, memelihara kondisi busi adalah penting bagi setiap pemilik kendaraan, atau pilih busi jenis iridium sekalipun. Jangan biarkan busi yang tidak baik justru membuat mesin mobil pincang.

Salah satu contoh pada mesin NR yang disematkan Toyota Avanza, Sienta, Yaris, Rush.


NGK menilai busi bawaan pabrik untuk mobil-mobil tersebut masih memiliki kelemahan, sehingga belum bisa memaksimalkan performa mesin. Menurut perusahaan, busi jenis laser iridium lebih baik dalam proses pembentukan api di ruang bakar.

"Dari sisi performa, elektroda (terminal yang terletak pada bagian pucuk busi) pusat Iridium yang kami gunakan berukuran lebih tipis daripada busi bawaan mobil-mobil ini, agar proses pembentukan api di dalam ruang bakar lebih cepat sehingga performa kendaraan pun meningkat," kata tim teknis NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano dalam keterangan resmi dikutip Selasa (30/3).

Menurut Diko secara teknis mesin yang menggunakan busi yang baik justru bisa menghasilkan pembakaran yang optimal. Kondisi ini praktis mesin mengeluarkan emisi gas buang yang lebih rendah.

Berikut beberapa komponen pada busi:

1. Terminal

Terletak pada bagian pucuk busi, menghubungkan busi dengan sistem pengapian dan terbuat dari besi.

2. Insulator Keramik

Bagian yang terbuat dari keramik atau porselen ini terletak setelah terminal. Berfungsi untuk menopang mekanik inti elektroda yang ada di tengah serta menjadi isulator listrik tegangan tinggi yang mengalir pada inti elektroda.

3. Hex

Ukuran hex menentukan soket yang diperlukan untuk instalasi busi pada kendaraan.

4. Insulator Tip

Ujung insulator ini adalah area yang mengalami pembakaran sebab itu dibuat dari material tahan temperatur tinggi. Ketahanannya bisa sampai 650 derajat celcius dan tegangan listrik sampai 60.000 volt.

5. Gasket

Berfungsi agar kompresi dari ruang bakar tidak ada yang keluar lewat celah-celah busi.

6. Metal Case

Berada pada bagian seat di busi yang berfungsi untuk mengunci busi ke silinder head. Selain itu dapat berfungsi sebagai material konduksi yang mempunyai daya hantar panas baik.

7. Center Electrode

Biasa disebut juga kepala busi yang menjadi pengantar energi listrik dan terhubung ke terminal. Terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel, dan logam.

8. Ground

Ujung busi yang bersentuhan langsung dengan badan kendaraan

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER