Dorong Mobil Listrik, Toyota Bikin Ekosistem di Bali

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 31/03/2021 18:53 WIB
Pilot project smart mobility digagas Toyota dengan membuat ekosistem mobil hybrid dan listrik di Nusa Dua, Bali, mulai hari ini Rabu (30/3). Project EV (electric vehicle) Smart Mobility di Nusa Dua, Bali. (Foto: dok. Toyota Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota terus mendorong penggunaan mobil ramah lingkungan di Indonesia dengan mendirikan pilot project ekosistem mobil hybrid dan listrik di Nusa Dua, Bali, mulai hari ini Rabu (30/3), yang direncanakan sampai satu tahun ke depan.

Project EV (electric vehicle) smart mobility kali ini melibatkan 30 unit mobil ramah lingkungan di antaranya 20 unit Toyota COMS (BEV), lima unit Toyota C+pod (BEV), dan lima unit Toyota Prius PHEV. Semua mobil tersebut disiapkan khusus untuk mendukung proyek ini.

Menurut Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, seluruh mobil Toyota dapat digunakan masyarakat setempat dan turis di dalam kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya, dengan radius 50 kilometer.


Henry pun berharap dari program ini bisa mendapat masukan dari para pengguna yang merupakan bagian penting dari program tersebut guna meningkatkan kualitas produk mobil ramah lingkungan.

"Kami rasa tepat menggelar program ini. Kami mengharapkan kesempatan ini bisa memberikan edukasi kepada setiap masyarakat dan pengunjung Bali. Di satu sisi kami mendapatkan feedback dari para pengguna terkait mobil ramah lingkungan. Kami start dari bali dan akan berkembang ke wilayah lain. Kami di Bali juga untuk mendukung program pemerintah," kata Henry dalam acara virtual, Rabu (31/3).

Menurut Toyota, beberapa lokasi yang dipilih untuk program tersebut, yaitu Labuan Bajo NTT, Danau Toba Sumatra Utara, Borobudur, dan Kupang NTT. Namun, baik Toyota dan pemerintah masih mendiskusikan untuk menggelar acara serupa di wilayah-wilayah tersebut.

Mobil-mobil ramah lingkungan Toyota di Nusa Dua bisa dimanfaatkan setiap warga. Misal Prius PHEV dapat digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai dan sejumlah wilayah lain di Bali.

Proyek ini juga dilengkapi dengan teknologi panel matahari atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota.

"EV Smart Mobility merupakan sebuah project besar bagi kami yang menjadi bagian penting dari perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia," ucap Presiden Direktur TAM Susumu Matsuda.

Project ini didukung 13 partnership yaitu PT Astra International Tbk., Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Aisin Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Denso Indonesia dan lain-lain.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK