KTA Basis Shooting Club Seperti Milik ZA Dijual Online

fea, CNN Indonesia | Kamis, 01/04/2021 08:20 WIB
Berbagai e-commerce menjadi lapak buat pedagang menawarkan jasa pembuatan KTA Perbakin Basis Shooting Club seperti milik ZA, diduga penyerang Mabes Polri. Ilustrasi penembakan. (iStockphoto/ugurhan)
Jakarta, CNN Indonesia --

'KTA Perbakin Basis Shooting Club' seperti dimiliki ZA, diduga penyerang Mabes Polri, dapat dibeli di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Harga jasa pembuatan yang ditampilkan di situs-situs itu mulai dari Rp300 ribuan.

"Lengkapi unit Anda dengan KTA dan SKK Resmi dari Basis Shooting Club dalam naungan Perbakin, dan Legalitasnya jelas," tulis penjual di Bukalapak dalam kolom deskripsi.

Penjual juga bilang proses pengurusan selama tiga hari dengan syarat pembeli mengirimkan foto setengah badan, foto KTP serta jenis dan seri senjata via WhatsApp.


Penjual di Shopee juga menjelaskan hal serupa, dikatakan 'KTA Perbakin Basis Shooting Club' bisa digunakan untuk kepemilikan airsoft gun, airgun, senapan, dan Pcp.

"Barang Selalu ready," tulis penjual di Shopee.

KTA Perbakin Basis Shooting Club lagi jadi sorotan usai milik ZA beredar online setelah kejadian penyerangan Mabes Polri. ZA telah mati ditembak setelah menodongkan senjata, sejumlah warga dan wartawan di sekitar lokasi kejadian sempat mendengar beberapa kali letupan diduga tembakan.

Anggota Badan Penasihat Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo sebelumnya sudah menyangkal ZA adalah anggota Perbakin. Dia juga mengatakan Basis Shooting Club sudah tidak terdaftar Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin DKI Jakarta.

"Setelah saya cek di database Perbakin yang bersangkutan tidak terdaftar. Dia bukan anggota Perbakin," kata Bamsoet yang Ketua MPR itu.

Bamsoet bilang untuk menjadi anggota Perbakin, seseorang mesti ikut tes keahlian. Bamsoet kemudian memberi contoh kode spesifikasi jenis keanggotaan dalam Perbakin yakni TS (Tembak Sasaran), TR (Tembak Reaksi) dan B (Berburu).

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK