TIPS TEKNOLOGI

8 Cara Mudah Kirim Foto Pakai Aplikasi Gratis

CNN Indonesia | Selasa, 06/04/2021 17:21 WIB
Berkat kecanggihan fitur kamera pada gawai, pengguna dapat membagikan foto secara gratis usai mengabadikan momen berharga. Ilustrasi foto dari kamera ponsel. (dok. Samsung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berkat kecanggihan fitur kamera pada gawai, pengguna dapat membagikan foto secara gratis usai mengabadikan momen berharga pada saat bertemu atau berhubungan dengan keluarga maupun teman.

Namun ada beberapa platform yang dapat digunakan untuk membagikan file foto hanya kepada beberapa orang yang Anda ingin bagikan saja, tidak kepada seluruh pengguna di jagat maya.

Berikut cara mudah membagikan foto secara pribadi kepada beberapa orang tertentu yang terpilih saja.


1. Google Photos

Platform ini merupakan salah satu solusi pencadangan untuk dokumen dan file media Anda. Namun Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagi foto dengan kerabat atau keluarga.

Pengguna dapat membuat album bersama dan memberi akses kepada semua orang yang Anda inginkan, dengan langsung membagikan foto kepada siapa saja menggunakan perangkat apapun.

Sebelumnya, pengguna harus memiliki akun Gmail dan akan mendapatkan akses instan ke akun Google Photos pribadi. Jika Anda memiliki perangkat Android, maka aplikasi itu mungkin sudah disematkan sebelumnya di ponsel Anda. Pengguna hanya perlu memindahkan foto ke platform tersebut dari perangkat.

Google akan secara otomatis menandai foto dan mencadangkan ke ruang kosong di perangkat Anda. Google Photos tidak mengizinkan perlindungan sandi, tetapi Anda dapat mengatur akses album tertentu kepada beberapa orang.

2. iCloud

Pengguna iOS dapat membagikan file foto menggunakan lampiran email menggunakan tautan iCloud. Namun jika pengguna menggunakan tautan iCloud, foto yang pengguna bagikan berbeda dari album bersama yang dibuat di iPhone, Mac atau PC.

Untuk berbagi foto dengan siapapun melalui iCloud cukup dengan cara pilih foto, ketuk bagikan>lalu pilih Email. Lampiran file yang lebih besar dari 20 MB akan diganti dengan tautan iCloud.

Link tersebut dapat dibagikan kepada siapa saja melalui perpesanan singkat maupun melalui pesan elektronik. Penggunanya dapat mengakses dan melihat foto hingga mengunduh foto.

3. Dropbox

Dropbox merupakan platform yang juga dapat digunakan untuk mengelola perpustakaan foto yang hendak dibagikan kepada beberapa pengguna tertentu saja.

Platform ini dinilai mudah diakses dan kompatibel dengan banyak perangkat. Setelah mengunggah file foto ke Dropbox, maka Anda dapat membuat folder bersama, yang fungsinya dapat dibagikan dengan orang lain dan juga dapat saling berbagi foto.

Dropbox memungkinkan Anda untuk mengunggah foto dari rol kamera dan memunculkan pratinjau thumbnail untuk lebih dari 35 file yang berbeda. Selain itu link yang dapat diakses dapat dibagikan melalui email, pesan instan dan platform manapun.

Platform ini juga menawarkan perlindungan kata sandi, sehingga Anda dapat menjaga keamanan file. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui perangkat apa saja yang Anda dimiliki.

4. Microsoft OneDrive

OneDrive merupakan solusi penyimpanan cloud milik Microsoft yang berfungsi untuk menyimpan foto dan file lain yang hendak disimpan. Anda dapat mengunduhnya ke perangkat seluler atau komputer.

Platform ini dapat mengatur dan menandai foto berdasarkan parameter yang dapat diatur, dan pengguna dapat saling berbagi file dengan mengakses bersama folder tersebut.

Dikutip online tech tips, folder ini pengguna dapat saling menyimpan, melihat dan mengunduh foto yang disimpan.

Untuk berbagi foto dengan OneDrive pilih folder lalu pilih bagikan>izinkan pengeditan> masukan alamat email>masukan nama penerima>lalu pilih bagikan.

WeTransfer Hingga Air Drop

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK