Cara Tulis Caption Otomatis di Fitur Baru Video TikTok

CNN Indonesia | Sabtu, 10/04/2021 18:30 WIB
Fitur teks otomatis pada video TikTok ditujukan untuk penonton tunarungu atau penonton yang mau melihat video tanpa suara. Ilustrasi TikTok. (AFP/LIONEL BONAVENTURE)
Jakarta, CNN Indonesia --

TikTok resmi menambahkan fitur baru auto-captions atau teks otomatis untuk klip video. Fitur ini memungkinkan video dapat dimengerti oleh penonton tunarungu atau seseorang yang punya gangguan pendengaran.

Fitur ini akan memberi opsi pada kreator untuk mengaktifkan teks otomatis. Saat teks tersedia, penonton dapat membaca transkripsi teks klip tersebut, yang muncul selagi video diputar.

Melansir Social Media Today, TikTok menjelaskan teks otomatis menghasilkan terjemahan otomatis, sehingga penonton dapat membaca atau mendengarkan konten.


"Saat pembuat konten membuat konten, mereka dapat memilih teks otomatis di halaman pengeditan setelah mengunggah atau merekam video, sehingga teks secara otomatis ditranskripsikan dan ditampilkan di video mereka," kata TikTok.

Perlu dicatat kreator memiliki kapasitas mengedit teks yang dibuat secara otomatis untuk klip mereka. Mereka dapat melihat opsi edit di screenshot kedua di atas, saat video diputar di jendela yang lebih kecil, kreator dapat melihat dan memperbarui teks untuk klip tersebut.

Setelah diaktifkan, teks akan ditampilkan pada klip secara default, tetapi penonton dapat menonaktifkannya dalam opsi pemutarannya.

Melansir Tech Crunch, TikTok mengklaim fitur baru dirancang untuk membuat aplikasinya dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Jika diaktifkan, fitur akan secara otomatis mentranskripsikan ucapan yang ada di video sehingga penonton dapat membaca apa yang dikatakan seseorang sebagai alternatif untuk mendengarkan.

Saat ini teks otomatis baru mendukung bahasa Inggris Amerika, dan Jepang. Bahasa tambahan akan datang dalam beberapa bulan mendatang, kata TikTok.

Meskipun sebagian besar dirancang untuk tujuan aksesibilitas, teks otomatis juga dapat membantu pengguna yang ingin menonton video TikTok tanpa suara.

(pjs/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK