Tak Puas Kerja Polisi, Lapor Saja ke Apps Propam Presisi

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 19:03 WIB
Aplikasi Propam Presisi yang dapat diunduh melalui Playstore (Android) dan Appstore (iOS). Ilustrasi kinerja petugas polisi tidak memuaskan. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polri menyediakan aplikasi pengaduan yang dapat digunakan masyarakat jika tidak puas dengan kinerja petugas polisi. Aplikasi itu bernama Propam Presisi yang dapat diunduh melalui Playstore (Android) dan Appstore (iOS).

"Kurang puas dengan pelayanan dan perilaku anggota Polri? Sobat Polri dapat membuat laporan dan pengaduan dengan mengunduh aplikasi Program Presisi di Play Store atau App Store," tulis Divisi Humas Polri dalam postingan pada akun Twitternya, Selasa (13/6).

Pada Appstore, aplikasi ini sudah mendapat penilaian dengan lima bintang, sedangkan pada Playstore sejak pertama rilis 22 Maret 2021 sudah mendapat 4,7 bintang dengan 1.000an unduhan.


Dalam video animasi, kepolisian sempat menunjukkan tata cara pengaduan ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan atau anggota polri di lapangan lewat aplikasi.

Lewat narasi pada video disebutkan masyarakat terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi. Kemudian isi nomor KTP dan foto diri sebagai tahap identifikasi.

Disebutkan juga masyarakat pengguna aplikasi Propam Presisi harus mengisi form atau pengaduan.

"Jangan lupa juga sertai foto atau dokumen sebagai barang bukti," katanya.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK