Pengguna Mengeluh Aplikasi SIM Online Sinar Tak Dapat Dipakai

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 10:49 WIB
Pengguna aplikasi membuat SIM online Sinar mengeluh tak dapat masuk dan memakai layanan itu karena tak kunjung mendapat kode OTP. (Pengguna aplikasi membuat SIM online Sinar mengeluh tak dapat masuk dan memakai layanan itu karena tak kunjung mendapat kode OTP. ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi Sinar buatan polisi untuk mempermudah masyarakat sehingga pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa dilakukan online menuai kritik lantaran tidak dapat dipakai.

Pengguna megeluh tak bisa masuk ke dalam aplikasi bernama SIM Nasional Presisi (Sinar) itu, meski telah diunduh.

Saat CNNIndonesia.com mencoba memasukkan nomor telepon ke dalam aplikasi, tak ada kode OTP yang dikirimkan ke pengguna.


Hal serupa dialami Febri, seorang karyawan swasta di Jakarta Selatan yang juga tengah mejajal aplikasi Sinar.

Ia mengungkap kode OTP atau one time pasword  tak kunjung diterima di posel meski telah mendaftarkan nomor telepon diplatform Digital Korlantas yang di dalamnya terdapat Sinar.

"Sampai sekarang nyoba malah tidak dikirim-kirim OTP-nya," kata Febri kepada CNNIndonesia.com, Kamis (15/4).

Sebelumnya, CNNIndonesia.com sempat menjajal Sinar pada haru sesaat aplikasi itu dirilis,Selasa (13/4). Namun, tak kunjung berhasil masuk ke dalam aplikasi

Pertama kami mengunduh platform itu pada Playstore. Kemudian ada permintaan untuk memasukan nomor telepon dengan tujuan memverifikasi data pengguna.

Namun, setelah memasukan nomor telepon, aplikasi ini justru menunjukan masalah dengan memberi tanda peringatan berupa tulisan RPC timeout' atau coba lagi.

Kemudian aplikasi itu memberikan kode OTP secara berulang melalui SMS.
CNNIndonesia.com telah menghubungi Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korlantas Polri Komisaris Besar Tri Julianto Djatiutomo terkait masalah aplikasi Sinar, namun hingga kini belum mendapat respons.

(ryh/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK