Cara Simpan File Whatsapp ke Memori Card Agar HP Tak Lambat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 06:47 WIB
Cara menyimpan file multimedia seperti foto dan video dari WhatsApp di memory card agar tidak bikin hp lambat. Cara menyimpan media WhatsApp di memory card ini bisa dilakukan untuk membuat ruang penyimpanan ponsel lebih lega dan mencegah kinerjanya melambat. (Foto: Istockphoto/ Farknot_Architect)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyaknya file multimedia yang masuk di aplikasi WhatsApp seperti foto dan video yang dibagikan mulai dari grup maupun pesan pribadi lambat laun membuat ruang penyimpanan memori handphone (hp) jadi penuh.

Jika tidak dihapus atau dicadangkan ke tempat lain, pengguna tak lagi dapat mengunduh dan instal aplikasi lain ke ponsel smartphone. Selain itu, kinerja ponsel juga akan melambat.

Untuk mengamankan dokumen penting tertentu yang berkapasitas besar, Anda dapat memindahkan dokumen tersebut ke SD Card atau memori eksternal ponsel.


Dengan begitu ruang penyimpanan ponsel akan menjadi lebih lega. Berikut cara menyimpan media WhatsApp di memory card.

SD Card sebagai Media Penyimpanan Utama

An illustration photo taken on January 25, 2021 shows the application Clubhouse on a smartphone in Berlin, after Thuringia's state premier Bodo Ramelow admitted on the chat app to playing Candy Crush on his phone during online pandemic response meetings with German Chancellor Angela Merkel. - Bodo Ramelow, head of the eastern Thuringia state, made the confession during what he thought was a closed meeting on the invitation-only audio chatroom app Clubhouse at the weekend. (Photo by Odd ANDERSEN / AFP)Foto: AFP/ODD ANDERSEN
Ilustrasi. Cara menyimpan media WhatsApp tanpa membuat ponsel penuh adalah menjadikan SD card sebagai media penyimpanan utama.

Salah satu cara menyimpan media WhatsApp adalah menjadikan kartu memori atau SD card sebagai media penyimpanan utama, sehingga setiap dokumen WhatsApp apa pun yang masuk akan tersimpan otomatis pada kartu SD.

Akan tetapi cara ini hanya dapat dilakukan pada Android versi 8 ke atas. Berikut tahapan menyimpan media WhatsApp di memory SD card, merujuk laman resminya.

  1. Buka menu pengaturan ponsel.
  2. Gulir layar dan cari 'Perawatan Perangkat'.
  3. Pilih menu Penyimpanan.
  4. Kemudian pilih dan ketuk Kartu SD.
  5. Izinkan ponsel memformat Kartu SD jadi penyimpanan utama.

Namun sebelum melakukannya, cadangkan data terlebih dulu pasalnya semua data akan hilang saat proses format terjadi.


Memindahkan File Media WhatsApp secara Manual

Cara manual ini sangat mudah dilakukan dan sangat membantu mengosongkan daya tampung memori ponsel.

Hanya saja, karena manual Anda harus rutin memindahkan file WhatsApp di ponsel ke SD Card atau memory eksternal secara berkala.

  1. Buka File Manager atau File Saya pada menu ponsel Anda.
  2. Kemudian pilih opsi Penyimpanan Internal.
  3. Selanjutnya cari folder WhatsApp.
  4. Pilih kembali folder Media. Pilih folder Media secara keseluruhan dari sekian banyak pilihan.
  5. Ketuk dan tekan selama beberapa detik hingga muncul opsi pindahkan atau salin.
  6. Pilih lokasi pindah folder ke SD Card.
  7. File WhatsApp sukses dipindah.

Memindahkan file bukan berarti memindahkan aplikasi WhatsApp ke SD Card. Melalui laman resminya, WhatsApp menyatakan bahwa memindahkan WhatsApp ke kartu memori (SD Card) tidak mungkin dilakukan.

"Kami sedang berusaha untuk meningkatkan ukuran dan penggunaan memori aplikasi kami."

Untuk sementara waktu, jika Anda perlu menghemat ruang penyimpanan ponsel untuk WhatsApp, pengguna direkomendasikan untuk memindahkan aplikasi dan file media lainnya ke kartu SD.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK