Asteroid Seukuran Mobil Nyaris Tabrak Bumi

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 20:29 WIB
Asteroid 2021 GW4 yang seukuran mobil dilaporkan terbang dengan jarak yang nyaris menabrak Bumi. Ilustrasi asteroid. (iStockphoto/ratpack223)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asteroid yang terlihat seukuran mobil dilaporkan terbang dengan jarak yang nyaris menabrak Bumi, Senin (12/4) lalu. Asteroid itu dinamai 2021 GW4.

Para astronom mengukur luas asteroid dan berdiameter 14 kaki atau kurang lebih 4 meter. Ukuran yang terbilang kecil jika bertabrakan dengan Bumi dan menerobos atmosfer kita.

Tetapi pada titik terdekatnya, sekitar pukul 9 pagi EDT, asteroid tersebut berada sekitar 16.300 mil atau 26.200 kilometer jaraknya dari Bumi.


Jarak itu kurang dari sepersepuluh jarak antara Bumi dan Bulan, cukup dekat bagi asteroid di mana jarak antara Bumi dan Bulan adalah 384.400 kilometer.

Menurut astronom Harvard Jonathan McDowell Asteroid 2021 GW4 berada dalam jarak 12.324 mil (19.833 kilometer) dari permukaan bumi pada titik terdekatnya Senin pagi.

"Untungnya ruang masih agak kosong di ketinggian ini," tulis McDowell di Twitter.

Berdasarkan perhitungan NASA tentang orbit objek, kunjungan asteroid sedekat ini yang akan datang ke Bumi pada abad berikutnya.

Asteroid 2021 GW4 pertama kali terlihat pada 8 April oleh para astronom di Mt. Lemmon Survey, yang merupakan bagian dari proyek penemuan asteroid bertenaga tinggi yang disebut Catalina Sky Survey.

Pusat Studi Objek NASA menyatakan telah mengidentifikasi lebih dari 500 asteroid tahun ini melalui program tersebut.

Hingga saat ini NASA telah mengidentifikasi lebih dari 25.500 asteroid dekat Bumi, yang kemungkinan kecil mengancam planet Bumi.

Dikutip CNET, seringkali batuan antariksa seperti itu hanya ditemukan beberapa jam sebelum lintasan terdekatnya, atau bahkan ketika sudah ada di atmosfer planet kita.

Dikutip Space, penemuan NASA hanyalah merupakan bonus karena para ilmuwan saat ini dengan hati-hati mencari batuan luar angkasa yang lebih besar.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK