TIPS TEKNOLOGI

Cara Kirim File Lewat WhatsApp di Hp dan Komputer

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 06:31 WIB
WhatsApp menyediakan fitur mengirim file seperti berkas, foto, dan video. Berikut cara kirim file lewat WhatsApp di Hp dan komputer. WhatsApp menyediakan fitur mengirim file seperti berkas, foto, dan video. Berikut cara kirim file lewat WhatsApp di Hp dan komputer.(Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp tak hanya sebatas aplikasi percakapan saja. Aplikasi ini juga menyediakan fitur mengirim file atau dokumen berupa berkas, foto, video, hingga pesan suara. Berikut cara kirim file lewat WhatsApp di telepon genggam (Hp) dan komputer.

Pengiriman file di WhatsApp bisa dilakukan dalam jumlah banyak sekaligus. Cara mengirim file melalui WhatsApp lebih praktis dibandingkan melalui email atau aplikasi lainnya.

Berikut cara kirim file lewat WhatsApp dari Hp


Young woman using her mobile phone on the street, sending messages or taking pictures . Copy spaceCara kirim file lewat WhatsApp di Hp bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.(Foto Ilustrasi: Istockphoto/Warchi)

Pengiriman file melalui telepon genggam dapat dilakukan di mana saja selagi terhubung dengan internet. File yang akan dikirim juga harus tersimpan di dalam ponsel.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih kontak yang ingin dikirimi file.
  3. Kemudian ketuk ikon paper clip di pojok kiri bawah.
  4. Pilih opsi dokumen atau file dengan ikon lingkaran berwarna ungu.
  5. Pilih file yang ingin Anda kirim dan ketuk Ok.
  6. File berhasil terkirim.

Berikut cara kirim file lewat WhatsApp Web di Komputer

Close up portrait of a young african american woman looking out window when working on laptopCara kirim file lewat WhatsApp di komputer atau laptop bisa dilakukan melalui WhatsApp Web. (Foto Ilustrasi: iStockphoto/m-imagephotography)

Cara mengirim file dari WhatsApp Web dapat dilakukan melalui komputer atau laptop. Cara ini dapat digunakan untuk mengirim file yang tersimpan di komputer atau laptop.

  1. Buka WhatsApp web dengan melakukan pemindaian barcode.
  2. Cari dan temukan kontak yang akan Anda kirim file.
  3. Klik ikon paper clip yang berada di pojok kanan atas lalu pilih Dokumen atau file
  4. Temukan file yang akan dikirim lalu klik buka.
  5. Tunggu beberapa saat hingga file terunggah sempurna. Lamanya file yang diunggah bergantung pada ukuran file tersebut dan kecepatan internet yang digunakan.

Cara lain WhatsApp web yang bisa Anda coba adalah menyeret langsung file tersebut ke kontak yang ingin Anda kirimkan.

Periksa terlebih dahulu ukuran file sebelum mengirimnya. Whatsapp membatasi ukuran dokumen maksimal 100 MB sementara untuk file foto, audio, dan video maksimal 16 MB.

Itulah cara kirim file lewat WhatsApp di Hp dan Komputer

(imb/ptj)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK