Toyota Bakal Produksi Mobil Hybrid Mewah Lexus di Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 10:20 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membocorkan Toyota Indonesia akan memproduksi mobil hybrid Lexus ES 300h di dalam negeri. Mobil hybrid Lexus ES 300h rencananya akan diproduksi Toyota di Indonesia. (lexus.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan hampir semua komitmen investasi dari merek Jepang untuk Indonesia akan ditujukan bakal produksi mobil hybrid di Indonesia.

Agus pada Maret sempat melakukan kunjungan kerja ke Jepang untuk melobi sejumlah prinsipal otomotif agar menambah investasi di Tanah Air. Agus lantas mengklaim hasil kunjungan membuahkan hasil, berbagai merek menyatakan komitmen berinvestasi.

Toyota dikatakan Agus akan menambah investasi Rp28 triliun, Mitsubishi Rp11,2 triliun, Honda Rp5,2 triliun, dan Suzuki Rp1,2 triliun.


"Kendaraan listrik berbasis hybrid dari kunjungan kami ke Jepang, kami banyak mendapat komitmen, seperti Toyota, Honda, dan Mitsubishi. Semua punya program membangun mobil listrik khususnya berbasis hybrid," ungkap Agus di Jakarta, Kamis (15/4).

Agus lantas sempat memberikan informasi mengenai salah satu model hibrida yang hendak diproduksi lokal oleh Toyota Indonesia.

Menurut Agus, Toyota hendak merakit salah satu mobil hybrid dari merek premium Lexus bernama e300 yang merujuk pada model sedan hybrid ES 300h.

"Toyota sendiri punya program untuk membangun full hybrid di Indonesia dengan merek Lexus e300. Nah ini diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan industri kendaraan berbasis listrik," ucap dia.

Lexus ES 300h.Lexus ES 300h. (lexus.com)

Menurut Agus merek lain seperti Hyundai juga telah mengarahkan agar pabrik dapat segera memproduksi kendaraan listrik.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan pemerintah telah punya peta jalan dengan target agar pada 2024 produksi mobil listrik sampai 600 ribu unit.

"Kami sampaikan pada 2024 produksi 600 ribu mobil listrik," ucap Agus.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK