TIPS OTOMOTIF

Atasi Lampu Depan Berembun Saat Musim Hujan

fea, CNN Indonesia | Sabtu, 17/04/2021 12:58 WIB
Lampu depan berembun saat musim hujan tidak hanya bisa dialami mobil lama, tetapi juga mobil baru. Ilustrasi lampu depan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu masalah yang bisa dialami kendaraan saat musim hujan yakni mika lampu depan berembun atau muncul titik-titik air. Masalah ini bisa dialami bukan hanya pada mobil lama, tetapi juga mobil baru.

Jika terlalu sering berembun bahkan mika lampu bagian dalam bisa menyisakan kotoran yang bukan hanya mengurangi fungsi penerangan tetapi juga estetika.

Sebelum kita bahas cara mengatasi masalah ini, ada baiknya dipahami dulu penyebab embun di mika lampu. Embun di mika lampu berasal dari air yang berhasil menyusup ke ruang antara bohlam dan mika.


Kebocoran air itu bisa berasal dari komponen seal yang longgar atau rusak, kualitas komponen plastik yang menurun karena usia, atau mungkin saja karena mobil habis digunakan menerjang banjir.

Menurut Samsudin, Technical National PT Astra International - Peugeot, embun di mika lampu terjadi karena perbedaan suhu udara antara bagian dalam dan luar mika.

"Munculnya embun di dalam mika lampu biasanya terjadi ketika cuaca sedang hujan, atau mobil habis keluar dari tempat cucian mobil. Saat kondisi tersebut, perbedaan suhu antara ruang dalam dan luar mika terjadi hingga menyebabkan terbentuknya embun," jelas Samsudin, dalam keterangan resmi, Kamis (16/4).

Samsudin mengatakan jika embun terlalu sering terjadi, bagian lampu yang bermasalah harus dibongkar lantas diperbaiki kemudian dibersihkan, serta diberi sil yang lebih baik agar tidak bocor lagi.

"Tapi kalau belum sempat bawa ke bengkel khusus lampu, tindakan preventif yang bisa Anda lakukan adalah menghindari penyemprotan air bertekanan di seputar headlamp. Apalagi coba-coba menerobos banjir, terutama mobil-mobil rendah macam sedan," kata Samsudin.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK