LAPAN Jelaskan Simulasi Asteroid 2021 PDC Tabrak Bumi

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 16:31 WIB
Simulasi asteroid 2021 PDC menabrak Bumi dalam agenda Planetary Defense Conference Exercise perlu dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan penduduk Bumi. Ilustrasi asteroid 2021 PDC hantam Bumi. (Foto: iStockphoto/ratpack223)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) buka suara soal prediksi asteroid 2021 PDC yang akan hantam wilayah Eropa dan Amerika. Prediksi asteroid jenis tersebut adalah fiktif dan merupakan rekayasa para ahli astronomi.

Karena itu, dijelaskan LAPAN simulasi yang membahas asteroid hantam Bumi perlu dilakukan seperti agenda Planetary Defense Conference Exercise yang diselenggarakan setiap tahunnya. PDC sendiri kependekan dari Planetary Defense Conference.

Simulasi seperti itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi dampak kerusakan pada Bumi bila asteroid berukuran besar yang bertabrakan dengan Bumi benar terjadi.


"Setiap tahun, ada Planetary Defense Conference Exercise. Latihan pengambilan langkah taktis kalau ada kejadian asteroid berbahaya akan menabrak Bumi. Contoh kasus yang digunakan adalah asteroid fiktif 2021 PDC," ujar Rhorom kepada CNNIndonesia.com, Senin (19/4).

Rhorom menuturkan Planetary Defense Conference Exercise akan merinci kapan asteroid akan menabrak Bumi. Kemudian, para ilmuwan yang ikut dalam agenda itu juga akan memprediksi secara rinci daerah mana yang terdampak dari insiden tersebut.

"Namun, itu semua adalah latihan untuk kesiapsiagaan kita. Indonesia belum secara aktif ikut dalam latihan tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, para ahli luar angkasa berkumpul untuk membahas rencana darurat jika asteroid bertabrakan dengan Bumi. Mereka menyebut pengungsian besar yang dipicu asteroid itu dapat membuat orang Eropa dan Amerika pindah ke Asia, Timur Tengah dan Pasifik.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Wina, para ahli akan bergulat dengan apa yang harus dilakukan jika benda asing benar-benar datang cukup dekat untuk menimbulkan bahaya bagi Bumi, salah satunya ketika asteroid 2021 PDC akan menabrak Bumi.

Dalam simulasi, potensi asteroid 2021 PDC menabrak Bumi hanya 1 banding 2.500 kemungkinan. Namun, pengamatan ulang memperlihatkan bahwa asteroid yang ukurannya diperkirakan berkisar antara 35 meter dan 700 meter sedang menuju langsung ke Bumi.

Melansir dari Daily Star, Planetary Defense Conference akan diselenggarakan di Wina pada 26-30 April 2021.

Dalam simulasi, asteroid akan ditemukan pada 21 April dan sistem pemantauan dampak akan mengidentifikasi 20 Oktober 2021 sebagai tanggal dampak potensial. Artinya, bumi hanya memiliki waktu 6 bulan untuk membuat rencana.

(jps/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK