Elon Musk Bantah Autopilot Aktif Saat Mobil Tesla Kecelakaan

CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 14:10 WIB
Menurut pernyataan CEO Tesla, Elon Musk, yang sudah mendapatkan data log, Model S yang terlibat kecelakaan fatal tidak dalam kondisi Autopilot aktif. CEO Tesla, Elon Musk. (CNN Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia --

CEO Tesla Elon Musk mengklaim kecelakaan fatal Model S yang terjadi baru-baru ini tidak dalam kondisi fitur Autopilot aktif. Pernyataan ini berlawanan dari temuan kepolisian setempat yang menyelidiki kecelakaan.

Sebelumnya sudah dilaporkan telah terjadi kecelakaan mobil Tesla pada Sabtu (16/4) di Houston, Texas, Amerika Serikat yang menewaskan dua orang. Kepolisian setempat mengatakan mobil kemungkinan dalam kondisi Autopilot aktif sebab tidak ditemukan ada penumpang yang duduk di bangku sopir, dua korban diketahui duduk di bangku penumpang depan dan belakang.

Elon Musk mengatakan perusahaan telah mendapat data log dari mobil tersebut dan mengatakan Autopilot tidak aktif serta mobil ini tidak dilengkapi Full Self-Driving (FSD).


"Log data yang didapat sejauh ini menunjukkan Autopilot tidak diaktifkan dan mobil ini tidak membeli FSD. Selain itu, Autopilot standar membutuhkan garis jalur untuk menyala, yang tidak dimiliki jalan ini," ungkap Musk dalam cuitan pada akun Twitter dikutip Selasa (20/4).

Saat kecelakaan Model S diberitakan sempat melewati tikungan, lalu menabrak pohon dan terbakar. Seorang anggota keluarga pemilik Tesla itu mengatakan bahwa mereka melompat ke kursi belakang saat memulai perjalanan.

Media setempat telah berspekulasi bahwa kecelakaan melibatkan mobil otonom milik Tesla. Namun Tesla sejauh ini mengatakan belum menyediakan mobil otonom penuh, hanya mobil dengan fitur bantuan mengemudi.

Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mengumumkan sedang menyelidiki insiden tersebut, mengutip Electrec.

The Guardian bilang saat ini investigator yakin 100 persen tidak ada orang yang mengendarai Model S produksi 2019 itu pada Sabtu malam ketika mobil keluar dari jalur dan menabrak pohon lalu terbakar.

"Tidak ada yang mengendarai mobil itu dan menewaskan dua orang di dalamnya, kata perwakilan kepolisian Mark Herman.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK