Instagram Rilis Aplikasi Lebih Ringan, Instagram Lite

CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 17:24 WIB
Aplikasi Instagram Lite merupakan versi ringan dari aplikasi utama Instagram, yakni berukuran kurang dari 2 MB. Ilustrasi Instagram Lite. (Dok. Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram secara resmi merilis Instagram Lite di Indonesia pada Senin (19/4). Aplikasi ini merupakan versi ringan dari aplikasi utamanya, yakni berukuran kurang dari 2 MB.

Instagram Lite diklaim memiliki pengoperasian yang lebih ringan dengan kuota internet yang lebih hemat. Namun sayangnya platform ini baru tersedia bagi pengguna Android saja.

Instagram Lite dirancang untuk memberikan pengalaman menjelajahi Instagram lebih maksimal bagi para pengguna, yang tidak dibatasi dengan perangkat yang digunakan dan kualitas jaringan internet.


Karena ukuran aplikasinya lebih kecil dari ukuran aslinya, biasanya ada beberapa fitur yang tidak tersedia. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, fitur di Instagram Lite sepintas sama dengan aplikasi induknya.

Fitur Feed dan Stories masih dapat digunakan di Instagram Lite.

Namun pada Insta Stories, ada beberapa perbedaan dengan aplikasi induknya. Seperti tidak bisa menambahkan fitur polling, tanya jawab, Gif dan fitur Insta Stories lainnya. Namun pengguna masih dapat menggunakan fitur lokasi dan tag pengguna lain.

Sayangnya fitur IG Live, IGTV dan Shopping tidak tersedia. Pengguna Instagram Lite tidak dapat mengunggah konten IGTV tetapi masih dapat menonton konten IGTV dari pengguna lain yang lewat di lini masa Instagram.

Selain meluncurkan Instagram Lite, Instagram juga meluncurkan kampanye #MonthofGood untuk menambah kemeriahan dan membantu para pengguna merayakan momen Ramadan secara virtual.

Kampanye tersebut menghadirkan tiga stiker bertema ramadhan yang dirancang desainer asal asal Bahrain @haluulie.

Instagram juga memunculkan sebuah Instagram Story yang berisi kumpulan Stories dari orang-orang yang diikuti oleh pengguna dan menggunakan Stiker Ramadan tersebut. Stories gabungan tersebut dapat ditemukan pada Stories bar.

Tidak hanya Instagram Lite dan kampanye #MonthofGood, Instagram Indonesia juga menggelar serial Instagram LIVE yang bertajuk #NgabuburitdiInstagram.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK