Arti WhatsApp Centang Satu, Tidak Aktif sampai Diblokir

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 01/05/2021 17:02 WIB
Centang satu pada WhatsApp tidak dapat diubah melalui pengaturan. Akan tetapi ada beberapa alasan pesan WhatsApp yang dikirimkan bisa menjadi centang satu. Centang satu pada WhatsApp tidak dapat diubah melalui pengaturan. Akan tetapi ada beberapa alasan pesan WhatsApp yang dikirimkan bisa menjadi centang satu. (Foto: istockphoto/hocus-focus)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp selalu menghadirkan fitur terbaru untuk memudahkan penggunanya berkomunikasi. Salah satu fitur yang dihadirkan WhatsApp adalah tanda centang yang ada di samping pesan.

Fitur tersebut ditujukan sebagai status penanda pesan yang dikirim.

Setidaknya, terdapat 3 jenis tanda centang yang ditampilkan pada setiap pesan yang dikirim. Berikut ini adalah arti dari setiap tanda centang:


  • Centang satu abu-abu: pesan telah terkirim.
  • Centang dua abu-abu: pesan telah tersampaikan ke telepon penerima.
  • Centang dua biru: Penerima telah membaca pesan Anda.

Dalam penyetelan tetap atau default setting, WhatsApp akan menampilkan centang biru pada setiap pesan yang dikirim. Namun demi membuat nyaman penggunanya, WhatsApp menyediakan pengaturan agar centang biru tidak muncul sekalipun pesan telah dibaca oleh penerima.

Sementara untuk mengaktifkan centang satu pada WhatsApp tidak dapat diubah melalui pengaturan. Akan tetapi ada banyak sebab kenapa pesan WhatsApp yang Anda kirimkan bisa menjadi centang satu, di antaranya:

Tampilan Whatsapp PalsuIlustrasi arti WhatsApp centang satu. (Foto: Dok. Fakewhats.com)

1. Koneksi internet tidak stabil

WhatsApp sangat bergantung pada sinyal internet, sehingga apabila koneksi Anda tidak stabil pesan yang dikirim membutuhkan waktu lebih lama untuk masuk.

2. Telepon Penerima Tidak Menyala

Saat mengirim pesan bisa saja telepon penerima pesan mati dan pesan belum terbaca. Selain centang satu tanda lain yang muncul adalah jam yang artinya pesan Anda tertunda masuk.

3. Nomor Pengguna Tidak Aktif

WhatsApp hanya mendeteksi nomor ponsel aktif pengguna. Karena jika nomor pengguna yang akan Anda kirim pesan tidak aktif, pesan Anda akan berakhir dengan centang satu.

4. Nomor Diblokir

Centang satu juga dapat berarti nomor Anda telah diblokir pengguna lain dan pesan tersebut tidak akan pernah terkirim berapa kali pun Anda mencobanya.

Bisakah Mengaktifkan WhatsApp Centang Satu?

Cara WhatsApp centang satu tidak dapat dilakukan pada aplikasi WhatsApp resmi buatan WhatsApp Inc. WhatsApp hanya menyediakan pilihan menghidupkan atau mematikan centang biru untuk pesan yang telah terbaca.

Alih-alih menggunakan aplikasi lain hanya untuk mendapatkan fitur centang satu atas pesan yang telah dibaca.

WhatsApp menyediakan cara bagi Anda yang penasaran apakah pesan yang dikirim telah terbaca atau tidak, merujuk situs resmi WhatsApp.

  1. Buka percakapan Anda
  2. Lalu ketuk dan tahan pesan yang terakhir yang Anda kirim
  3. Selanjutnya tekan ikon titik tiga vertikal pada pojok kanan layar
  4. Kemudian pilih opsi Info
  5. Anda akan mengetahui apakah pesan Anda telah dibaca atau tidak.

Cara ini efektif bagi pengguna yang ingin mematikan fitur centang biru. Dalam laman resminya WhatsApp memberikan catatan khusus bagi pengguna yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan fitur lain seperti cara WhatsApp centang satu.

Konsekuensi menggunakan aplikasi WhatsApp ilegal adalah pemblokiran sementara hingga permanen oleh WhatsApp.

WhatsApp juga tidak dapat memvalidasi keamanan dari aplikasi pihak ketiga yang menyediakan ragam fitur berbeda dengan WhatsApp resmi. Akun yang terblokir akan mendapatkan notifikasi pesan dari WhatsApp.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK