TIPS OTOMOTIF

8 Cara Bikin AC Mobil Tetap Dingin

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 30/04/2021 07:27 WIB
Kompresor AC bocor menyebabkan freon terbuang dan menyebabkan kemampuan mendinginkan interior mobil jadi tidak maksimal. Ilustrasi AC mobil. (Foto: MikeBird/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat pendingin atau AC mobil terasa kurang dingin, kita terkadang berpikir bila freon habis atau berkurang. Padahal, kabin kurang dingin meski AC pada posisi on penyebabnya ada beberapa masalah yang tidak kita sadari.

Perlu dipahami freon AC mobil tidak akan habis untuk jangka waktu lama sekitar 2-3 tahun pemakaian. Namun jika ada kebocoran akan terjadi penyusutan lebih cepat. Berikut cara memaksimalkan AC agar tetap di dingin.

1. Jaga kebersihan kabin

Saat menghidupkan AC bukan hanya sebatas kita memutar knop lalu mengatur suhu ke mode paling rendah. Kebersihan pada area kabin faktanya juga berpengaruh terhadap sistem pendingin itu sendiri.


Kita sebagai pemilik mobil, wajib menjaga kebersihan interior atau kabin mobil. Interior yang kotor dan berdebu dapat tersikulasi masuk ke filter AC sehingga mengganggu kinerjanya. Ketika kinerjanya terganggu, suhu kabin akan sulit dingin.

2. Hindari jendela terbuka

Jika menyalakan AC, ada baiknya tidak membiarkan jendela mobil terbuka. AC mobil tidak dirancang untuk mendinginkan ruang yang besar, apalagi jika jendela terbuka. Jika jendela terbuka, maka suhu dingin akan terbuang sia-sia.

3. Bersihkan kondensor

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondensor AC. Bersihkan juga kondensor saat mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran serta korosi.

4. Bersihkan filter AC di kabin

Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukan pergantian filter kabin secara berkala.

5. Jangan matikan AC dalam waktu lama

Hingga kini masih banyak pemilik mobil yang percaya bahwa menyalakan AC adalah pemborosan bahan bakar, dan tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Anggapan itu justru membuat AC cepat rusak. Dengan lama tidak aktif maka selang dan belt AC mengering, akibatnya cepat getas. Jika tidak ingin menggunakan AC saat berkendara demi penghematan bahan bakar atau alasan lain, maka sebaiknya sering melakukan pemanasan.

Hidupkan ac selama 10 menit minimal seminggu sekali, agar semua sistem di AC berfungsi.

6. Matikan mesin dan AC beberapa saat

Kadang ac juga ikut bermasalah karena menyala dalam waktu lama, 4 jam misalnya. Untuk mengatasinya, matikan mesin dan AC mobil untuk beberapa saat. Jangan lupa juga membuka jendela mobil agar udara di dalam mobil dapat bersirkulasi dengan baik.

Ini juga berguna untuk mengistirahatkan ac yang sudah bekerja terlalu keras sepanjang perjalanan. Dengan begitu, AC akan lebih cepat dingin ketika dihidupkan kembali.

7. Operasikan AC dengan benar

Kesalahan paling sering dilakukan adalah menyalakan AC ketika suhu dalam kabin sedang panas-panasnya usai terparkir di bawah paparan matahari.

Sebaiknya, buang dulu suhu panas tersebut. Suhu panas menyebabkan AC mobil harus bekerja lebih lama untuk mendinginkan kabin. Dengan membiarkan hawa panas keluar, itu akan membuat AC mobil lebih dingin.

8. Servis ac secara berkala

Terakhir, lakukan servis berkala pada AC. Lakukan servis berkala maksimal tiap enam bulan sekali. Jangan lupa, ganti parts pada sistem AC jika memang sudah waktunya.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK