Perbedaan Daihatsu Rocky Lawas dan Rocky Baru

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 01/05/2021 10:44 WIB
Daihatsu kembali menggunakan nama Rocky untuk model keluaran terbaru yang diluncurkan di Indonesia. Daihatsu Rocky yang diluncurkan di Indonesia, Jumat (30/4) bisa menampung lima penumpang dewasa. (Foto: (dok. Daihatsu))
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama Rocky kembali digunakan Daihatsu untuk model terbaru yang menjadi kembaran Toyota Raize. Meski menggunakan nama yang sama, namun model Rocky terbaru merupakan mobil penumpang berbeda.

Rocky kembali lahir pertama kali di Jepang pada 2019 kemudian mulai dijual di Indonesia pada 2021 ini tampak lebih klimis meski diklaim sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) berkapasitas lima penumpang.

Namun begitu, tetap secara keseluruhan Rocky lebih mengedepankan kesan maskulin sebagai mobil perkotaan melalui desainnya. Tidak ada kesan garang yang tertinggal seperti pendahulunya.


Hal ini jelas berbeda dari bahasa desain Rocky lawas yang dirilis Daihatsu sejak 1980an sampai 1990an. Mobil ini dikenal sebagai SUV tangguh yang hingga kini kerap digunakan para penghobi terabas atau offroad.

Bodi Rocky dahulu lebih terlihat kekar, mengotak, tegap, dan jangkung. Sementara sekarang lebih mengedepankan estetika dan kenyamanan untuk berkendara di jalan raya desiannya pun kekinian sesuai selera konsumen berjiwa muda.

Perbedaan tentu bukan hanya sebatas desain, untuk urusan dapur pacu pun juga demikian.

Rocky masa kini lebih kalem sebab menggendong mesin bensin 1.000 yang sudah dilengkapi turbo. Mesin itu dipadukan dengan dua pilihan transmisi, ada lima manual percepatan atau otomatis CVT.

Tapi perusahaan berjanji akan menghadirkan Rocky dengan mesin bensin konvensional m yang memiliki kubikasi 1.200 cc.

Sementara pendahulunya dibenamkan mesin diesel 2.800 cc. Mesin itu m dikawinkan transmisi manual empat percepatan, lalu kemudian pada awal 90an mengalami peningkatan menjadi lima percepatan.

Perlu diketahui juga bila Rocky dahulunya memiliki sistem penggerak 4x4, sementara Rocky baru saat ini semua tenaga dilepas untuk menggerakkan roda depan.

[Gambas:Instagram]

Satu lagi perbedaan yakni Rocky kini menawarkan beragam teknologi pada fitur kendaraan yang dapat memudahkan mengemudi serta memberi kenyamanan seisi kabin.

Apa saja fitur tersebut, di antaranya LED Headlamp, spion otomatis dan Key Free.

Lalu interior, pada dashboard Rocky sudah didesain seperti cockpit, yang memberikan kesan modern. Senada dengan itu, meter cluster Rocky dibuat menggunakan teknologi Full Digital dengan empat mode tampilan yang dapat dipilih sesuai selera.

Lalu dari sisi keamanan, Daihatsu Rocky dilengkapi fitur yang diklaim tertinggi di kelasnya, yakni Daihatsu ASA (Advance Smart Assist). Kemudian ada ABS+EBD, SRS Airbag, VSC, hingga HSA.

Sedangkan pada era Rocky lawas tentu fitur tersebut belum lah terjangkau.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK