TIPS OTOMOTIF

Penyebab Ban Tubeless Motor Kempis Tanpa Disadari

CNN Indonesia | Sabtu, 01/05/2021 19:33 WIB
Walau tahan kebocoran, ban tubeless juga bisa kempis tanpa disadari. Ilustrasi ban tubeless. (Istockphoto/bizoo_n)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggunaan ban tubeless pada kendaraan terkadang sering memunculkan kendala, salah satunya kempis meski tidak ada penyebab secara langsung. Kempis seperti ini kadang bisa bikin bingung sebab saat diamati ban tidak mengalami kebocoran.

Solusi mengisi udara juga dapat menjengkelkan, sebab tanpa disadari ban kempis lagi saat digunakan.

Lantas apa saja penyebab ban tubeless mengalami kempis? Berikut penjelasannya mengutip situs resmi dealer utama Astra Honda Motor (AHM), Wahana.


Pentil ban kendor

Ban kempis bukan hanya disebabkan permukaan ban rusak karena tusukan benda tajam yang lantas membuka jalur hingga udara keluar.

Ban tubeless juga bisa kempis jika pentil ban yang terpasang kurang rapat atau kendor. Kondisi ini dapat membuat udara keluar perlahan ketika berkendara.

Untuk itu jika Anda baru saja mengisi udara ban, pastikan selalu mengecek pemasangan pentil sudah rapat. Caranya bisa dengan mengoleskan air pada ujung pentil ban motor lalu perhatikan jika terdapat gelembung udara artinya pemasangan pentil kurang rapat.

Selain itu perlu dipahami usia pentil ban dapat mempengaruhi kekuatannya menahan tekanan udara. Bila dirasa sudah terlalu lama menggunakannya, ada baikinya diganti yang baru.

Bocor halus

Meski kerap disebut-sebut tahan bocor, ban tubeless juga bisa mengalami kebocoran. Misalnya ketika ban digunakan berkendara di area bebatuan atau berkerikil cukup tajam sehingga membuat lubang kecil pada ban yang bahkan tidak terlihat jelas.

Ban kempir karena bocor halus ini biasanya akan terasa setelah 1-2 hari usai penggunaan.

Debu dan pasir menempel

Debu dan pasir yang menempel pada ban tubeless juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab ban kempis.

Butiran pasir atau debu ini biasanya mengisi ruang antara ban dan velg yang mana jika tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan celah yang membuat udara dalam ban perlahan keluar.

Akibatnya ban motor bisa kempis tanpa disadari. Solusinya melakukan pembersihan komponen ban secara berkala.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK