Twitter Spaces Dibuka untuk Akun Lebih dari 600 Followers

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 21:02 WIB
Spaces milik Twitter untuk menyaingi aplikasi Clubhouse dibuka untuk akun yang memiliki minimal 600 pengikut. Spaces Twitter masih dalam pengembangan untuk sementara waktu. (Foto: AFP/DENIS CHARLET)
Jakarta, CNN Indonesia --

Twitter mengumumkan membuka fitur Spaces untuk pengguna yang memiliki 600 pengikut. Fitur baru Twitter ini dikembangkan untuk menyaingi aplikasi Clubhouse yang dipopulerkan Elon Musk beberapa waktu lalu.

Spaces merupakan fitur obrolan suara yang dapat disiarkan langsung secara streaming dengan pengguna Twitter lainnya. Audiens dapat mendengarkan atau masuk dalam percakapan tersebut.

Meski demikian hingga saat ini Spaces masih dalam mode uji coba, terutama di OS Android, yang mulai diujicoba pada bulan Maret 2021.


Dorongan untuk memperluas pengguna Spaces telah terinspirasi dari minimnya pengguna Clubhouse yang dapat menjadi pembicara di aplikasi tersebut.

Perluasan pengguna ini dianggap dapat memberi "banyak tekanan" ke penyedia jejaring sosial khusus audio terdahulu, yakni Clubhouse.

"Kami menghadirkan kemampuan untuk melibatkan Spaces ke semua akun dengan 600 pengikut bahkan lebih. Sebelum menghadirkan Space kepada semua orang, kami fokus untuk banyak belajar, mempermudah dalam pencarian Spaces, dan membantu pengguna menikmati bersama audiens yang hebat," bunyi Twitter dalam postingannya.

Menghadirkan opsi 600 pengikut menunjukkan bahwa Twitter membuka akses besarnya kepada semua pengguna Twitter.

Dikutip Social Media Today, Space dibuat pada platform yang dikembangkan dari fitur siaran langsung milik Twitter, yakni Periscope. Jadi, pengembangan ruang audio dengan cepat dapat diselesaikan dan dengan cepat diluncurkan.

Dikutip GSM Arena, fitur baru dilaporkan akan hadir di Space yakni 'Ticketed Space'. Fitur itu memungkinkan host Space dapat memonetisasi Space sehingga mendapatkan sejumlah biaya.

Twitter akan melakukan uji coba Ticketed Space kepada sekelompok pengguna beberapa bulan mendatang.

Selain itu pengguna nantinya juga dapat menyetel untuk pengingat dan menjadwalkan slot waktu untuk siaran Space yang akan datang.

Fitur Spaces muncul berkat popularitas luar biasa yang muncul dari Clubhouse pada awal tahun 2021. Aplikasi ini didasari landasan yang sama, yakni menyediakan ruang khusus audio.

Clubhouse mendapatkan popularitasnya di tengah pandemi karena banyak yang dikarantina dan menghabiskan waktu di rumah.

Space muncul di bagian atas feed gelembung ungu di antara postingan Fleets. Untuk membuat Space, ketuk tombol Tweet dan ketuk ikon Space. Jika pengguna tidak melihat ikon tersebut, mungkin fitur Space belum tersedia.

(can/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK