SpaceX Kirim Satelit ke Bulan Tahun Depan Didanai Dogecoin

CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 14:07 WIB
Perusahaan antariksa besutan Elon Musk, SpaceX akan meluncurkan satelit yang didanai dari Dogecoin untuk misi ke Bulan di tahun depan. Ilustrasi Elon Musk SpaceX. (AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan antariksa besutan Elon Musk, SpaceX dilaporkan akan meluncurkan satelit yang didanai dari Dogecoin untuk misi ke Bulan di tahun depan.

Satelit yang dinamai DOGE-1 itu adalah sebuah satelit yang diluncurkan ke Bulan untuk memperoleh kecerdasan spasial Bulan, menggunakan kamera dan sensor on board.

"Kami sangat senang dapat meluncurkan DOGE-1 ke bulan," kata Wakil Presiden Penjualan Komersial SpaceX Tom Ochinero.


Seluruh dana untuk membangun satelit itu berasal dari perusahaan bernama Geometric Energy Corporation, dan akan diterbangkan dengan roket Falcon 9 pada kuartal pertama 2022.

Pengumuman itu dikeluarkan sehari usai Elon Musk menjadi pembawa acara di Saturday Night Live (SNL). Pada acara itu Musk memuji Dogecoin yang pada awalnya hanya sebuah lelucon baginya.

Mengutip The Verge, Dogecoin merupakan salah satu cryptocurrency yang belakangan gencar dipromosikan oleh pendiri SpaceX dan Tesla, Elon Musk lewat Twitternya.

Geometric Energy Corporation mengatakan misi ini menjadi misi antariksa komersial pertama di dunia yang didanai sepenuhnya oleh Dogecoin. Tetapi pihaknya tidak mengungkapkan biaya yang diproyeksikan.

Elon Musk kerap berkicau meme Dogecoin dan menyebut dirinya sebagai 'Dogfather'. Dogecoin pada dasarnya adalah tiruan dari Bitcoin yang digabungkan dengan meme 'doge' yang menampilkan lambang anjing berjenis shiba inu.

Dikutip CNET, misi yang dinamai DOGE-1 itu belum diungkap secara jelas tujuanya, namun diprediksi misi itu merupakan sebuah survei permukaan Bulan.

Di masa-masa awal didirikan, Dogecoin mensponsori salah satu pembalap pembalap NASCAR, dan kurang dari satu dekade kemudian nampaknya Dogecoin akan mengirim pesawat ruang angkasa ke Bulan.

(can/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK