WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Canggih, Disappearing Mode

CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 10:50 WIB
WhatsApp sedang membuat fitur baru yakni mode menghilang atau Disappearing Mode. WhatsApp Disappearing Mode lebih personal untuk pengguna. Ilustrasi WhatsApp. (istockphoto/ stockcam)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp sedang membuat fitur baru yakni mode menghilang atau Disappearing Mode. Fitur baru ini diklaim untuk meningkatkan privasi pengguna. WhatsApp akan segera menguji coba fitur tersebut di iOS dan Android.

Mengutip 9to5Mac, WABetaInfo membocorkan seluruh pesan pribadi dan grup WhatsApp akan menghilang secara otomatis setelah beberapa hari kala pengguna mengaktifkan fitur disappearing mode.

"Ketika pengguna mengaktifkan Mode Menghilang, obrolan baru akan dimulai dengan pesan menghilang. Fitur ini akan segera tersedia pada update WhatsApp berikutnya," tulis WABetainfo.


Berkat fitur ini, pengguna tak perlu lagi repot-repot mengaktifkan fitur disappearing message secara manual dan satu persatu di setiap pesan pribadi atau group WhatsApp.

Mengutip MobileSyrup, cara untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Pengguna cukup pilih Setting kemudian ketuk Privacy dan pilih Disappearing Mode. Pengguna akan menemukan petunjuk yang menyatakan ketika opsi ini diaktifkan pesan baru akan menggunakan disappearing messages.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp sudah bisa menikmati fitur aplikasi pesan disappearing message untuk 7 hari. Dengan mengaktifkan fitur ini maka pesan yang terkirim akan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari.

WhatsApp juga akan membuat fitur disappearing message dengan menghadirkan opsi hapus pesan secara otomatis setelah 24 jam. Kendati demikian, WhatsApp belum mengumumkan waktu kapan fitur disappearing mode bisa digunakan.

Belakangan WhatsApp mengeluarkan kebijakan privasi baru yang berlaku 15 Mei 2021. Pengguna pada akhirnya akan kehilangan akses ke beberapa fitur WhatsApp hingga mereka menerima persyaratan baru.

Misalnya, pengguna ini pertama-tama akan kehilangan kemampuan untuk mengakses daftar obrolan. Kemudian, panggilan audio dan video akan berhenti berfungsi dan pengguna tidak akan lagi menerima pemberitahuan pesan baru di WhatsApp.

(dal/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK