Ojol Sambut Merger Gojek-Tokopedia, Minta Pendapatan Naik

CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 15:50 WIB
Gojek dan Tokopedia telah resmi menyatakan merger dan menghasilkan GoTo, Senin (17/5). Ilustrasi ojek online. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi pengemudi ojek online (ojol) menyambut baik keputusan Gojek yang merger bersama situs jual beli online Tokopedia. Mereka berharap kolaborasi akan berdampak positif bagi mitra.

"Asosiasi Pengemudi ojol Garda Indonesia menyambut baik penyatuan dua platform digital ini dengan nama GoTo," kata Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono saat dihubungi, Senin (17/5).

Ia berharap GoTO dapat memberi keuntungan bagi para mitra, terutama dari sisi pendapatan.


"Garda menekankan agar penyatuan dua platform digital ini juga harus dibarengi dengan meningkatkan pendapatan, bonus, dan kesejahteraan bagi para mitra kerjanya," kata dia.

Selain itu ia juga mengatakan merger ini diharapkan berdampak pada kualitas segala layanan ojol.

"Yang pastinya layanan terhadap konsumen menjadi semakin meningkat," ucap dia.

Gojek dan Tokopedia secara resmi merger dengan mengumumkan pembentukan Grup GoTo hari ini, Senin (17/5). Pembentukan Grup ini diklaim sebagai kolaborasi usaha terbesar di Indonesia dan kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group, sedangkan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo.

Sementara itu Kevin Aluwi tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya sebagai CEO Tokopedia.

Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.

"Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah dengan dibentuknya Grup GoTo serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial," ujar Andre dalam keterangan resmi.

Co-founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya menambahkan berdirinya Group GoTo sejalan dengan misi awal perusahaan dalam hal menciptakan dampak sosial dalam skala besar, termasuk memberikan kesempatan yang setara bagi pegiat UMKM lokal mengembangkan bisnisnya.

"Perjalanan untuk mencapai tujuan kami masih panjang, tetapi hari ini adalah tentang dimulainya langkah bersama," kata Wiliam.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK