Debu Misterius Terdeteksi Lagi di Mars, Kali Ini Lebih Jelas

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 09:38 WIB
NASA dilaporkan berhasil mengabadikan keberadaan debu misterius yang ada di planet Mars. Planet Mars. (dok. NASA)
Jakarta, CNN Indonesia --

NASA dilaporkan berhasil mengabadikan keberadaan debu misterius yang ada di planet Mars. Debu misterius itu terungkap dari rekaman video dari kamera yang terpasang di robot penjelajah Perseverance yang ada di Mars.

Debu misterius yang dinamakan Dust Devil itu terlihat saat penerbangan kelima helikopter Ingenuity di Mars. Ada tiga Dust Devil yang terekam saat Perseverance merekam penerbangan Ingenuity.

Melansir akun Youtube iGadgetPro, video dibuat dengan 1.054 frame yang diambil dengan kamera Mastcam-Z Right di atas Perseverance. Kecepatan video X4 dan kontras juga ditingkatkan untuk menampilkan 2 debu setan di awal video dan satu lagi lewat di belakang Ingenuity saat mendarat.


Debu setan diabadikan pada 7 Mei 2021. Saat itu, Ingenuity berhasil terbang hingga ketinggian 33 kaki (10 meter) dan terbang sejauh 424 kaki (129 meter) ke lokasi pendaratan baru.

Ini adalah pertama kalinya helikopter melakukan penerbangan satu arah dan mengudara selama 108 detik.

Melansir Space, debu setan seperti angin puting beling di bumi. Debu itu terbentuk pada hari-hari cerah ketika tanah mengambil banyak panas dari matahari. Dalam keadaan yang tepat, udara panas yang dekat dengan permukaan dapat mulai berputar saat naik melalui segmen kecil udara dingin yang lebih jauh.

Debu setan sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Pada tahun 2012, Mars Reconnaissance Orbiter melihat debu setan dengan diameter mencapai 30 meter. Bahkan, kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) menemukan segerombolan debu setan pada tahun 2015.

Pesawat ruang angkasa setua misi Viking di tahun 1970-an juga telah menyaksikan debu setan. Tetapi karena fenomenanya cepat berlalu, NASA terkadang harus menunggu bertahun-tahun untuk menemukannya kembali.

[Gambas:Youtube]

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK