Daftar Ponsel yang Dapat Android 12 dan Cara Menginstal

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 20/05/2021 09:17 WIB
Tidak semua tipe ponsel bisa menikmati Android 12 versi beta. Berikut daftarnya. Ilustrasi ponsel-ponsel yang dapat Android 12 versi beta. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google resmi meluncurkan Android 12 versi beta di global. Tidak semua jenis ponsel pintar dapat menggunakan pembaharuan Android 12. Hanya sejumlah merek ponsel yang dapat menggunakan versi 12 dari android itu.

Laporan The Verge menyebutkan perangkat yang kompatibel dengan Android 12 versi beta antaranya OnePlus, Lenovo, Asus, Oppo, Realme, Sharp, Tecno, TCL, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Namun tidak semua tipe dari merek-merek ponsel bisa menikmati Android 12. Berikut daftar ponsel yang dapat menggunakan Android 12.


- Pixel 3, 3 XL
- Pixel 3A, 3A XL
- Pixel 4, 4 XL
- Pixel 4A, 4A 5G
- Pixel 5
- Asus Zenfone 8
- OnePlus 9, 9 Pro
- Oppo Find X3 Pro (model CPH2173)
- TCL 20 Pro 5G
- Vivo iQOO 7
- Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11I, Mi 11X Pro
- ZTE Axon 30 Ultra 5G
- sejumlah model Sharp, Tecno, dan Realme.

Android 12 sebelumnya menghadirkan banyak fitur, tetapi dikatakan paling menarik adalah visual terbaru. Android memiliki animasi baru, widget, dan layar kunci yang dimodifikasi.

Google juga mengubah aspek lain, seperti notifikasi dan pengaturan cepat. Sistem ini mengalami beberapa peningkatan pada privasi dan keamanan, dengan indikator kamera atau mikrofon ponsel.

Proses mendapatkan Android 12 beta di ponsel dikatakan cukup mudah. Misalnya pada ponsel Pixel, Anda dapat mengunjungi situs Android 12 beta untuk mendaftarkan ponsel dalam versi beta.

Setelah itu ada pemberitahuan pada ponsel bila perangkat lunak siap diinstal. Jika Anda ingin memeriksa secara manual, buka menu pengaturan di ponsel Anda, lalu buka System> System Update. Ketuk "Periksa pembaruan" untuk melihat apakah Anda dapat mengunduh perangkat lunak baru atau tidak.

Sedangkan ponsel seperti OnePlus, Realme, Sharp, dan lainnya, akan berbeda karena proses penginstalan tampaknya bergantung pada setiap pabrikannya.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK