TIPS TEKNOLOGI

Cara Hapus Email Sekaligus Banyak Jika Inbox Sudah Penuh

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 06:37 WIB
Apabila Anda mendapati inbox di email lebih dari 20.000, disarankan untuk segera menghapus sebagian pesan yang dianggap tidak penting. Ilustrasi email. (Unsplash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada beberapa cara untuk mengatasi atau menghapus pesan masuk yang sudah penuh di kolom email. Sejumlah pengguna surat elektronik masih banyak yang belum mengetahui cara hapus email sekaligus jika pesan di inbox telah penuh.

Apabila Anda mendapati inbox di email lebih dari 20.000 surat, maka disarankan untuk segera menghapus sebagian pesan yang dianggap tidak penting.

Terutama jika Anda pengguna Google mail dilaporkan membatasi kapasitas pesan masuk pada akun emailnya, kurang lebih 15GB. Kapasitas itu meliputi foto, pesan dan dokumen di Google Drive.


Menghapus email dapat dilakukan melalui aplikasi Gmail langsung. Namun jika Anda memiliki ribuan yang ingin dihapus sekaligus, Anda harus memerlukan perangkat komputer.

Di salah satu halaman dukungan Google menjelaskan bahwa penggunanya tidak dapat menghapus semua pesan secara bersamaan dari aplikasi Gmail. Dikutip Indiatoday, untuk menghapus secara massal dari Gmail, ada beberapa langkah yang dapat diikuti. Berikut caranya:

- Buka Gmail, masukkan ID email dan kata sandi Anda

- Buka Inbox, pilih tab untuk email promosi atau email dari media sosial. Kemungkinan Anda belum pernah membuka email pada kolom promosi. Kotak masuk promosi itu kemungkinan akan memakan ruang penyimpanan Anda).

Cara menghapus pesan dari kotak masuk:

- Klik kotak kosong di bagian kiri atas

- Anda akan melihat kategori pesan yang ingin dihapus, termasuk yang belum dibaca, sudah dibaca, berbintang dan tidak berbintang.

- Pilih opsi yang ingin Anda pilih

- Klik tombol hapus

Anda juga dapat menghapus email berdasarkan tanggal, ukuran file atau kategori pengirim dengan memilih opsi pencarian lanjutan. Anda harus mengklik panah bawah di bagian pencarian dan mengisi kategori yang hendak dihapus.

Cara menghapus file besar:

- Buka bilah pencarian Gmail, tekan panah bawah

- Isi kategori size yang hendak dihapus. Contohnya dengan memilih kategori dari pesan misalnya 20MB, pilih time window dari pesan misalnya dalam satu bulan ke belakang

- Semua file berukuran 25MB akan muncul. Pilih semua dan hapus jika Anda ingin menghapusnya.

Anda juga dapat menghapus email lama dengan cara yang sama, yakni dengan mengetik dalam rentang waktu, serta berdasarkan email yang memiliki lampiran atau yang belum sempat dibaca.

Semua pesan yang dihapus masuk ke kolom sampah atau trash dan akan ada di kolom tersebut dalam waktu 30 hari. Namun jika dirasa tidak lagi membutuhkan pesan itu,

Anda dapat menghapusnya secara permanen. Berikut beberapa langkahnya:

- Pilih Menu atau tiga baris dari kiri atas.

- Pilih Sampah

- Di bagian atas, ketuk Kosongkan sampah sekarang, demikian dikutip Business Tutsplus.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK