Perbandingan Harga Set Top Box untuk Siaran TV Digital

CNN Indonesia
Kamis, 03 Jun 2021 17:24 WIB
Peralihan TV analog ke TV Digital mengharuskan warga untuk menggunakan perangkat tambahan yaitu set top box (STB). Ilustrasi TV digital. (iStockphoto/LumineImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peralihan siaran TV analog menjadi televisi digital tinggal menghitung hari. Peralihan ini disebut harus menggunakan perangkat tambahan, yakni Set Top Box (STB). Pemerintah menetapkan Analog Switch Off (ASO) paling lambat harus dilakukan pada 22 November 2022.

Untuk mendapatkan siaran TV secara digital, masyarakat diimbau untuk memiliki perangkat STB. Meski begitu, masyarakat disebut harus merogoh kocek untuk memiliki perangkat tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sempat mewacanakan untuk memberi 6,7 juta perangkat bagi warga yang tidak mampu. Namun hal ini disebut masih menjadi kajian. Menurut Kominfo, warga harus membayar sekitar Rp150 ribu untuk harga satu STB.

Perangkat STB yang dijual di toko online berada pada kisaran Rp160.000 hingga Rp700 ribuan. Selisih harga menentukan jenis fitur yang disematkan pada perangkat tersebut.

Seperti pada STB merek Draco HDT2-383. Perangkat ini bisa dibilang perangkat termurah di salah satu e-commerce. STB ini dibanderol dengan harga Rp160.000 di luar ongkos kirim.

Draco HDT2-383 disebut dapat menerima siaran TV digital, dengan resolusi gambar HD 1080p. Penjual memberikan aksesoris pelengkap untuk instalasi penggunaan, seperti remot universal, dan kabel pendukung lainnya. Tidak hanya itu, STB ini juga sudah dilengkapi slot HDMI.

Perangkat ini juga sudah tersedia USB, dan bisa digunakan untuk memutar video dan lagu. Penjual mengklaim perangkat ini memiliki kualitas gambar yang tajam dan jernih.

Di kelas menengah, ada pula perangkat STB dengan harga yang cukup berbeda dengan sebelumnya. Penjual membanderol STB merek Polytron PDV 600T2 dengan harga Rp448.000 di toko daringnya. Meski begitu, terdapat sederet fitur yang jauh berbeda dengan merek Draco.

Polytron PDV 600T2 memiliki fitur tambahan seperti panduan jadwal program siaran (EPG), Pencari saluran TV otomatis, peremam acara tv (PVR) hingga penggeser waktu siaran (Time Shift).

Untuk kualitas tayangan diklaim memiliki gambar jernih, dengan kualitas HD 1080p. Perangkat ini juga menyediakan slot output HDMI.

Lebih lanjut di seri termahal, ada juga perangkat STB dengan merek Xtreamer. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp737.900 di marketplace. Harga yang berbanding jauh beda dengan beberapa STB sebelumnya. Namun STB ini memiliki sederet fitur yang terebilang lengkap.

Xtreamer Dual merupakan STB digital DVB-T2 yang dilengkapi dengan sistem operasi Android 9.0. Alhasil sistem Android ini dapat dioperasikan di TV Anda. Xtreamer Dual juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android 9.0 sehingga dapat menjalankan berbagai media Android di TV Anda.

Selain untuk menyaksikan siaran TV, perangkat ini juga dapat memutar video dari Youtube, dan berbagai layanan tayangan berbayar seperti Netflix, Iflix, HBO GO dan masih banyak lagi.

Perangkat ini juga dapat digunakan di berbagai TV, mulai dari layar tabung, LCD, LED, Plasma hingga yang sudah support 3D sekalipun. Perangkat ini memiliki kualitas gambar hingga 4K.

STB Xtreamer Dual juga memiliki kapasitas penyimpanan hingga 8GB, untuk digunakan sebagai penyimpanan rekaman tayangan, hingga aplikasi untuk kebutuhan penggunaan.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER