Gojek Bantah Aplikasi Eror Imbas BTS Meal McD

CNN Indonesia | Rabu, 09/06/2021 17:07 WIB
Gojek membantah laporan aplikasi kemitraan dengan McD error imbas lonjakan pesanan BTS Meal. Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan Teknologi Gojek membantah laporan aplikasi kemitraan GoBiz yang digunakan oleh McDonald's mengalami gangguan (error) akibat lonjakan pesanan BTS Meal.

Sebelumnya, aplikasi kemitraan Gojek yang digunakan gerai makanan cepat saji McDonald's Indonesia diduga mengalai gangguan. Hal itu menyebabkan antrean pemesanan menu BTS Meal menumpuk.

"Dapat kami sampaikan bahwa aplikasi Gojek dan GoBiz (aplikasi merchant) berjalan normal dan tidak mengalami error seperti yang dilaporkan," ujar VP Corporate Affairs Food & Grocery Gojek, Rosel Lavina kepada CNNIndonesia.com melalui pesan teks, Rabu (9/6).


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa banyaknya animo masyarakat terhadap menu BTS Meal, menyebabkan adanya tambahan waktu tunggu dari pesanan biasanya.

"Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan GoFood untuk memesan paket menu terbaru kolaborasi McDonalds dan BTS yakni BTS Meal," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya memahami bahwa animo masyarakat terhadap menu BTS Meal di McDonalds sangat positif dan menyebabkan adanya tambahan waktu tunggu dari biasanya. Pihaknya juga menerima laporan karena adanya lonjakan signifikan pemesanan BTS Meals, berdampak pada gangguan di sistem GoFood dimana penumpukan antrean tidak dapat dihindari, sehingga terjadi juga penumpukan antrean mitra driver di beberapa gerai McDonald's Indonesia.

"Kami berusaha secepatnya mengatasi masalah yang terjadi dan sistem telah dapat berfungsi kembali," katanya.

Lebih lanjut Rosel menambahkan pihaknya mengapresiasi upaya McDonalds dalam menghadirkan paket menu yang dicintai oleh penggemar McDonalds dan BTS serta upaya maksimal yang dilakukan untuk mengelola antrean mitra driver sebagai bagian dari protokol kesehatan. GoFood juga secara intensif memberikan imbauan kepada mitra driver untuk selalu menjaga jarak (physical distancing) saat sedang mengantri membeli pesanan lewat berbagai channel komunikasi driver.

"Kami juga mengapresiasi para mitra driver yang telah bekerja keras dan berkomitmen memenuhi order pelanggan GoFood," ujarnya.

Dugaan aplikasi erorr itu dilaporkan oleh salah satu pengguna fitur GoFood bernama Sarza Nindya. Ia mengaku driver yang hendak memesan dan mengatar pesanan dilaporkan telah terjadi gangguan pada apliklasi Gojek yang digunakan McDonald's untuk mengkonfirmasi pesanannya.

Meski demikian pihaknya mengapresiasi para mitra driver yang telah bekerja untuk memenuhi order pelanggan GoFood hari ini.

Sebelum menggunakan fitur GoFood, Sarza mengatakan sempat memesan menu BTS Meal itu lewat aplikasi McDelivery. Namun ia menyebut bahwa aplikasi itu mengalami gangguan sejak pukul 10.00 WIB.

Sarza menyebut tidak ada informasi yang disampaikan pihak McDonald's atau Gojek terkait masalah itu, hingga akhirnya dia menawarkan pembatalan pesanan kepada driver tersebut.

Gangguan pemesanan menu BTS Meal juga disampaikan sejumlah pengguna media sosial Twitter bernama @zhstey. Dia menyebut aplikasi Gojek sampai mengalami gangguan karena menerima banyak pesanan.

Akibat membludaknya pesanan, disebutkan mesin McDonald tidak bisa mengeluarkan nomor antrian untuk pengemudi yang mengambil pesanan.

"Jadi si mesinnya gak bisa ngeluarin nomor antrian, paling ini nunggu keputusan pihak McD-nya untuk di cancel," demikian tulis pengemudi Gojek yang tertera dalam tangkapan [email protected]

(can/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK