Puncak Gerhana Matahari Cincin 10 Juni Cuma Terjadi 3 Menit

CNN Indonesia | Rabu, 09/06/2021 19:45 WIB
Seluruh proses Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni terjadi selama 100 menit, sedangkan tahap cincin api hanya 3 menit 51 detik. Foto kombo proses terjadinya gerhana matahari cincin di lihat dari Batam, Kepulauan Riau, Rabu (26/12/2019). (ANTARA FOTO/M N Kanwa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan terjadi pada 10 Juni diperkirakan berlangsung selama 100 menit, sedangkan tahap puncaknya, yang disebut cincin api (ring of fire) hanya berlangsung maksimal 3 menit 51 detik.

GMC terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari dalam posisi segaris. Formasi ini menciptakan bayangan Bulan di Bumi dan menutupi sebagian sinar Matahari.

Pada fenomena GMC, Bulan berada di posisi yang jauh dari Bumi sehingga terlihat lebih kecil dari Matahari.


Pada posisi itu Bulan tak sepenuhnya menutupi Matahari, bagian yang tak tertutup yakni di di lingkaran luar yang jika dipandang dari Bumi terlihat seperti cincin api.

Menurut LAPAN, GMC hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43.05 WIB / 18.43.05 WITA / 19.43.05 WIT.

Sementara itu, wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah dan Tiongkok bagian Barat dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Fenomena GMC akan dimulai saat Matahari terbit di Ontario, kemudian proses gerhana melintasi bagian utara Bumi. Di tengah jalan, puncak gerhana terjadi pada siang hari setempat di utara Greenland.

Setelah itu jalur gerhana cincin memapar Kutub Utara Bumi, lalu berakhir saat matahari terbenam di timur laut Siberia.

BMKG menyebut terdapat dua macam bayangan Bulan yang terbentuk saat Gerhana Matahari Cincin, yaitu antumbra dan penumbra. Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati akan berupa Gerhana Matahari Cincin, sementara di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang teramatinya berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Berikut simulasi Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni yang dibuat NASA.

[Gambas:Youtube]

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK