Toyota Land Cruiser Ganti Rangka dan Mesin Kecil V6

CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 15:45 WIB
Generasi baru Land Cruiser disebut 300 Series, ini menggantikan 200 Series yang masuk dalam kelompok Station Wagon. Generasi baru Toyota Land Cruiser 300 Series. (Global.Toyota)
Jakarta, CNN Indonesia --

Generasi baru Toyota Land Cruiser telah resmi diperkenalkan pada Kamis (10/6). Mobil ini tak lagi berbasis body on frame dan menggunakan mesin lebih kecil namun makin bertenaga.

Generasi baru SUV tujuh penumpang ini sekarang disebut station wagon 300 Series, menggantikan 200 series yang siklus hidupnya terbentang dari 2007 hingga 2021. Model 300 Series menggunakan platform GA-F dari Toyota New Global Architecture (TNGA) yang juga dipercaya bakal digunakan pada generasi baru Tundra.

Generasi baru Toyota Land Cruiser 300 Series.Generasi baru Toyota Land Cruiser 300 Series. (Global.Toyota)

Menurut Toyota dalam keterangan resminya penggunaan platform baru untuk memangkas berat dan meningkatkan kekakuan. Secara total berat 300 Series berkurang 200 kg, ini berasal dari rangka dan bodi, pusat gravitasi lebih rendah, distribusi bobot, dan pembaruan struktur suspensi.


Kemampuan offroad juga telah ditingkatkan, termasuk didukung penggunaan E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) yang dikatakan Toyota pertama di dunia.

Bagian lain yang berubah cukup signifikan adalah pilihan mesin yang tak lagi dipercayakan pada V8 seperti di 200 Series. Pemakaian platform baru rupanya mengubah opsi mesin menjadi V6 plus twin turbo.

Ada dua pilihan mesin baru, yaitu bensin V6 3.500 cc twin turbo dengan 409 hp dan 650 Nm serta diesel V6 3.300 cc dengan 305 hp dan 700 Nm. Kedua mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 10 percepatan, Direct Shift-10AT.

Tenaga mesin bensin naik hampir 30 hp dibanding V8 5.700 cc yang digunakan sebelumnya berkat turbo walau jumlah silinder berkurang dua. Toyota juga menyampaikan opsi mesin bensin V6 naturally aspirated (tanpa turbo) juga tersedia untuk beberapa negara.

Generasi baru Toyota Land Cruiser 300 Series.Generasi baru Toyota Land Cruiser 300 Series. (Global.Toyota)

Land Cruiser terbaru ini tetap mempertahankan ketangguhan dan fungsionalitas dari pendahulunya. Misalnya pada bagian bumper dan posisi lampu-lampu dikatakan tidak akan rusak walau mobil sedang berjibaku di area offroad. Sedangkan di interior, bentuk tombol-tombol dan instrumen lain mudah dijangkau meski kondisinya sedang offroad.

Toyota menjelaskan prioritas desain baru ini untuk performa offroad, meliputi ukuran bodi, wheelbase, departure dan approach angle, yang tak berubah dari model lama.

Land Cruiser kini dibekali paket Toyota Safety Sense terkini termasuk beberapa tambahan seperti pre-collision system dan parking support brake.

Menurut Motor1.com penjualan generasi baru Land Cruiser ini akan dilakukan pada musim panas, namun tidak di Amerika Serikat karena sudah diputuskan pensiun.

Sejarah Land Cruier dimulai dari 1951 sejak kelahiran BJ, mobil yang didesain seperti Jeep. Kemudian desain Land Cruiser terpecah menjadi tiga jenis, yakni Station Wagon (55/60/80/100/200 Series), Heavy Duty (BJ,20/40/70 Series), dan Light Duty (70 Series dan Prado).

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK