Media AS Hapus Berita Penemuan Semangka di Mars

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 15:10 WIB
New York Times kedapatan menghapus berita penemuan semangka di Mars sekitar setengah jam setelah diunggah. Ilustrasi semangka. (Foto: iStockphoto/DeeNida)
Jakarta, CNN Indonesia --

Media Amerika Serikat, The New York Times dilaporkan menghapus sebuah artikel terkait dengan penemuan di planet Mars. Media itu sebelumnya diketahui mempublikasikan tentang buah semangka ditemukan di Mars.

Berita tentang buah semangka di Mars hanya bertahan dalam waktu singkat. New York Times kedapatan menghapus berita itu sekitar setengah jam setelah diunggah.

Melansir India Today, artikel aneh itu ditulis oleh reporter bernama Joe Schmoe. Media tersebut juga mengunggah kalimat 'Artikel ini diterbitkan karena kesalahan' tak lama setelah menghapus artikel tersebut.


Tidak jelas mengapa New York Times membuat dan menghapus berita itu. Namun, berita tersebut muncul akibat kesalahan redaksi.

Kesalahan penulisan berita adalah hal yang bisa terjadi di ruang redaksi. Beberapa contoh kesalahan redaksi adalah mengunggah artikel yang belum selesai, obituari dari mereka yang belum mati, hingga artikel yang sangat pendek kurang detil.

Futurism memberitakan, juru bicara New York Times memberikan beberapa kejelasan tentang artikel aneh tersebut. Dia mengatakan artikel itu sebenarnya untuk pengujian situs.

Dengan kata lain, sepertinya artikel tersebut muncul sebagai semacam pengujian sistem manajemen konten yang secara tidak sengaja dipublikasikan.

"Itu adalah sebuah artikel tiruan yang ditujukan untuk pengujian sistem tapi diterbitkan di situs kami karena kesalahan. Artikel itu telah dihapus," ujar juru bicara New York Times.

Hingga saat ini, tidak ada bukti yang tersedia tentang semangka atau kehidupan lainnya di Mars. Namun, beberapa misi NASA dan penjelajah yang dikirim oleh China semuanya menyelidiki kemungkinan kehidupan purba di sana dan para ilmuwan mengatakan ada kemungkinan bahwa mikroba masih hidup di sana, kemungkinan jauh di bawah permukaan.

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK